Marketplus.id – Menjual rumah bukanlah perkara yang mudah. Dalam proses jual beli rumah, mencari pembeli yang potensial dan bersungguh-sungguh juga cenderung lama. Tidak hanya itu, bahkan saat menjual rumah ada kalanya bingung menentukan harga jual rumah sehingga diperlukan pemikiran dan perhitungan yang matang.

Anthony Sudarsono, Content Creator & Fonder OYS Cloud Kitchen, menjelaskan di zaman yang sudah didukung teknologi ini, kehadiran internet banyak membantu kebutuhan masyarakat. Termasuk memberi kemudahan proses jual beli rumah.

“Menjual rumah secara online dewasa ini telah banyak dilakukan masyarakat. Tersedianya beragam situs properti di internet pun membuka peluang terjualnya rumah dengan cepat dan mudah,” kata Anthony, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (17/9/2021).

Ia menjelaskan, kendati demikian, jual rumah online yang banyak dilakukan belakangan ini membuat tingginya persaingan dalam proses jual beli rumah. “Oleh sebab itu, kita diwajibkan untuk menjual rumah dengan mengatur strategi dan cara yang cerdas,” terangnya.

Berikut ini adalah sejumlah panduan tips jual rumah online mudah dan cepat yang bisa menjadi informasi, seperti:

  • Memasang Foto dan Deskripsi Rumah Sebaik Mungkin

Tips pertama adalah mengunggah foto rumah terbaik yang menampilkan rumah dari berbagai sudut. Anda bisa mengunggah berbagai angle setiap ruangan seperti halaman depan, ruang tamu, kamar, kamar mandi, dapur dan garasi. Pastikan untuk memasang foto rumah dengan kualitas dan resolusi tinggi serta tidak gelap. Anda pun bisa mendeskripsikan rumah selengkap mungkin, dimulai dari alamat rumah, jarak rumah ke berbagai fasilitas publik, informasi luas tanah dan bangunan beserta jumlah ruangan meliputi kamar tidur dan kamar mandi.

  • Membenahi Tampilan Rumah

Sebaiknya membenahi tampilan sebelum menjualnya. Adapun tips membenahi tampilan rumah terbagi menjadi 2 aspek yakni kondisi eksterior dan interior. Untuk eksterior, sebaiknya perhatikan beberapa bagian rumah seperti warna cat dinding luar rumah. Apakah pudar atau masih dalam kondisi baik? Termasuk area taman dan pagar. Sedangkan untuk interior, perhatikan dapur apakah sudah dalam kondisi bersih? Apa kamar mandi dengan kondisi bak yang bocor atau tidak, serta bagian atap apakah bocor atau tidak? Dan masih banyak lagi. Perhatikan juga faktor pendukung seperti sirkulasi udara, aliran listrik, dan air.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (17/9/2021) juga menghadirkan pembicara, Santia Dewi (Owner-Founder @limabackstore), Tetty Kadi (Artis), dan Marsha (Tenaga Ahli Staff Khusus Mendikbudristek Bidang Komunikasi dan Media).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.