Marketplus.id – Key Opinion Leaders (KOL) adalah salah satu bagian yang paling penting dalam dunia Digital marketing. Setiap individu yang mampu mempengaruhi banyak orang akan menjadi titik balik kesuksesan dalam sebuah strategi pemasaran.

Pemasaran di dunia digital saat ini sudah mengalami banyak pergeseran dan perubahan strategi dengan hadirnya KOL. Mereka adalah seorang atau organisasi yang mempunyai pengetahuan dan juga pengaruh pada suatu produk berdasarkan bidangnya tersendiri.

“KOL mempunyai kepentingan dan juga kekuatan yang sangat besar daripada media massa terkini. Karena mereka mampu membuat suatu hubungan dengan pelanggan melalui adanya kegiatan yang terasa sangat relevan dengan keseharian mereka,” papar Meitha Kurniasari (Experienced Secretary to BOD) dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (17/9/2021).

Lanjutnya, tidak hanya aktif di sosial media saja, salah satu paling umum di mana bisa menemukan banyak sekali seorang KOL adalah media tradisional seperti halnya televisi, radio, dan lain-lain. “Key Opinion Leaders adalah salah satu pemasaran untuk bisa meningkatkan brand awareness perusahaan,” terangnya.

Ia menjelaskan, seorang Key Opinion Leaders akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan partisipasi dalam bidang keahlian mereka masing-masing. Mereka juga akan mencurahkan kesibukan mereka sepanjang hari untuk membangun Network followers ataupun membuat postingan yang begitu sangat sempurna.

“Mereka akan menuai pengetahuan dan juga membangun karya serta membuat pendapat mereka bekerja sangat meyakinkan klien,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan, media sosial bisa menjadi salah satu tempat dimana mereka bisa bersosialisasi dan juga mengutarakan opininya namun hanya pada waktu luang saja. “Bisa dibilang bahwa media sosial bukanlah salah satu platform prioritas utama mereka,” tuturnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (17/9/2021) juga menghadirkan pembicara Maria Dina Yuliana (Social Media Specialist di EDP), Ikfina Fatmawati (Bupati Mojokerto), Darwin Tenironama (Managing Director IMS Hospitality Management Consulting), dan Amidatus Sholihat (Wakil Rektor III ITSNU Pasuruan).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.