
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten Jember, (18/9).
Acara dipimpin oleh Moderator, Vio Annisa, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Deni Arifianto, M.Kom., Bawinda Lestari, M.Psi., CPS., Cht., Ranny Afandi, SP., Bagaskoro, S.Kom., MM., dan Timothy Marbun.
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Bijak dalam Ber-Media Sosial dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 842 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Deni Arifianto, M.Kom. adalah Bagaimana memberikan pemahaman kepada generasi muda untuk menggunakan media digital untuk hal baik dan bermanfaat agar jejak digital di media sosial kita baik dan memberikan reputasi yang baik? Karena banyak generasi muda yang malah memposting konten negatif, hal yang buruk, dan kebiasaan buruk.
Deni Arifianto menerangkan, “Kondisi pemuda kita saat ini bisa dibilang “kritis”, bisa dilihat dari kebebasan sebebas-bebasnya dalam memposting di media sosial, belum ada kesadaran bahwa adanya impact pada dirinya. Jadi bisa mengatasinya dengan adanya acara ini, yang membuat makin melek digital. Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, hanya bisa memberikan sosialisasinya seperti ini, dan hanya bisa saling mengingatkan dengan cara yang baik dan santun, pelan-pelan, dan seiring waktu akan malu sendiri. Tidak boleh terpancing emosi dengan konten yang profokatif. Menjadi contoh netizen yang baik untuk diriya sendiri dan juga untuk lingkungannya, bahkan untuk negaranya”.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.