
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Kediri, (18/9).
Acara dipimpin oleh Moderator, Riska Regita, S.E, CPS®️, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Rezha Sahhilny Amran, Didin Mujahidin, Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, Fajar Anas, S.Kom, M.Kom dan Meyrinda Tobing, S.Pd., CPS (KOL).
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Bijak Dalam Ber-Media Sosial dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 972 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Wijaya Kusumah, S.Pd adalah Adanya konten hoax maupun provokasi yang tersebar di media sosial menyebabkan banyak orang berkomentar saling menghina ataupun membully, meskipun secara online dengan beralasan kebebasan berpendapat. Bagaimana tips bagi kita untuk menumbuhkan etika yang baik dan kesadaran diri akan pentingnya rasa toleransi bagi sesama?
Wijaya Kusumah menuturkan,”Pertama, jadilah teladan. Lakukan hal baik dan dengan begitu kita akan bisa mempengaruhi orang di sekitar kita untuk juga turut berperilaku baik. Ingatlah untuk selalu menanamkan pohon kebaikan yaitu bertindak dengan berakar moral dan agama, berbatang ilmu pengetahuan, beranting amal perbuatan, berdaun tali silaturahim, dan berbuah kebahagiaan.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.