22 April 2025
Picture1 copy

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Pasuruan, (20/9).

Acara dipimpin oleh Moderator, Muhamad Ridho, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Arief Budiono S.T,M.M, Didin Mujahidin, Dr. Havid Han, M.M., Elly Nurul dan Praseno Nugroho (KOL).

Dengan jumlah 529 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Arief Budiono S.T,M.M adalah Internet bisa menjadi ladang rezeki, ketika mampu mengubah kebiasaan konsumtif menjadi hal yang produktif. Menurut beberapa sumber, dari 100 % jumlah pengguna internet di indonesia hanya 10 % yang produktif dan 90% yang konsumtif, cenderung untuk penikmat atau distributor konten saja. Bagaimana cara mengubah mindset kita yang selama ini kita hanya berada di zona nyaman sebagai pengguna atau penikmat internet (konsumtif) saja dan bisa memanfaatkan marketplace? Bagaimana cara mengatur penggunaan gadget kita supaya lebih produktif dan tidak konsumtif.

Menurut Arief Budiono, Literasi digital ini merupakan upaya pemerintah agar masyarakat lebih produktif. Terdapat macam-macam dalam digital marketing. Penggunaan media sosial berfungsi untuk sosialisasi terkait brand, penjual atau produk kita. Market place berfungsi sebagai tempat untuk transaksi produk-produk kita. Aplikasi chatting untuk komunikasi yang lebih ditujukan ke komunikasi dua arah antar penjual dan pembeli.

“Search engine berfungsi sebagai tempat pembeli mencari produk yang mereka inginkan. Sebagai penjual kita harus bisa menguasai semua media dalam digital marketing tersebut agar kita dapat bekerja lebih produktif dan efisien serta tepat sasaran,” imbuhnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *