12 Juli 2024

Marketplus.id – Zaman sekarang ini, hampir semua orang telah memiliki akun media sosial. Media-media ini memudahkan orang untuk menemui dan menghubungi siapa saja dan kapan saja.

“Kemudahan ini juga memiliki dampak yang tidak begitu baik. Dengan semakin mudahnya untuk menghubungi orang lain dimana saja, ternyata menjadikan privasi juga akan mudah dilanggar, apalagi dengan banyaknya hacker di zaman sekarang ini,” ungkap Diana Aletheia Balienda, Fasilitator Kaizen Room dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (22/9/2021).

Ia menambahkan, saat ini banyak juga orang yang sekarang memakai media sosial tidak hanya untuk berhubungan dengan orang lain saja, tetapi juga untuk mengembangkan usaha.

“Bila akun usaha tersebut tidak memiliki pengamanan yang cukup baik, bisa saja akun ini di-hack oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab,” terangnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga pengamanan akun media sosialmu, baik akun pribadi maupun akun perusahaan atau usaha. Inilah langkah-langkah untuk menjaga keamanan akun media sosial, seperti:

  • Perhatikan penggunaan password

Password adalah hal yang paling penting untuk membuka akun media sosial. Maka dari itu, bila password-mu diketahui oleh orang lain, maka mereka bisa membuka akunmu kapan saja. Dalam menentukan password, hindari penggunaan kombinasi kata yang mudah. Mungkin maksudnya supaya kita selalu ingat atau tidak susah diketikkan, tapi hal itu tidak berlaku lagi sekarang.

  • Memilih aplikasi atau website yang aman

Sekarang sudah sangat banyak aplikasi dan website yang bisa dipakai. Aplikasi maupun website tersebut tentunya memiliki kekuatan pengamanan masing-masing untuk pelanggannya. Dalam memilih aplikasi-aplikasi tersebut, memperhatikan sistemnya. Dalam aplikasi berkirim pesan atau messenger, harus melihat apakah sistem sudah benar-benar terenkripsi, yang membuat pesan-pesan akan sulit untuk diakses.

  • Gunakan fitur verifikasi dua langkah

Beberapa media sosial seperti Facebook dan WhatsApp, maupun Gmail memiliki fitur verifikasi 2 langkah agar keamanan pengunanya semakin aman. Kamu harus memanfaatkan fitur ini sebaik mungkin untuk menghindari kemungkinan di-hack. Fitur ini akan melakukan verifikasi ke akun lainnya setiap ada login ke media sosial kita. Bila mengaktifkan fitur ini, kita biasanya akan diberikan kode melalui SMS yang perlu di-input ketika login media sosial.

  • Menggunakan perangkat yang terpercaya

Banyak orang yang kena hack karena dia pernah login di warnet atau di tempat tersedianya perangkat komputer yang digunakan secara publik lainnya. Sebaiknya, jangan pernah memasukkan akun pribadi di komputer umum. Banyak kejadian seperti ini, biasanya karena lupa logout atau menyimpan data akun di browser tersebut. Kadang lupa logout karena kebiasaan di gadget sendiri tak pernah melakukannya. Kadang juga lupa untuk tidak mencentang “ingat password ini” pada saat login, sehingga riwayat login masih tersimpan di browser tersebut.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (22/9/2021) juga menghadirkan pembicara Muhajir Sulthonul Aziz (CEO PT. Mahakarya Berkah Sejahtera & CEO Mahkarya Tour dan Travel), Diana Nafiah (Business Owner B-fit Studio Jakarta), Drg. Silvia Pipi (Founder @Lashtiqueid), dan Yumna Aisyah (Community Development Manager MAJOO Indonesia) sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *