29 April 2025
Picture1 copy

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Banyuwangi, (23/9).

Acara dipimpin oleh Moderator Ivana Rouf., dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Anjani Amitya Kirana, BES., Dr. H. Sadi, MM., Rovien Aryunia, S.Pd., M.PPO., M.M., Tio Utomo., dan Ainur Rofik Wandra Restusiyan.

Dengan jumlah 406 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Anjani Amitya Kirana, BES.  Jika berbicara untuk siswa dan anak-anak, anak-anak dapat dikatakan cikal bakal pengguna digital terbanyak pada generasi yang akan datang. penyampaian informasi yang paling efektif tentang literasi digital dan cara yang tepat  bagi orang tua untuk memimbing anak yang sedang belajar dalam penggunaan teknologi dengan baik sebaiknya bagaimana?

Anjani Amitya Kirana menuturkan, “Sebagai orang tua harus lebuh melek digital karena akan selalu meningkat segala kecanggihan, kita juga bisa memuali dari diri kita sendiri terlebih dahulu untuk bisa menjadi netizen yang benar benar budiman dan bisa menjadi role model yang baik untuk anak kita terutama dan secara luas untuk masyrakat”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *