Marketplus.id – Saat ini sudah banyak sekali layanan fintech atau finansial teknologi yang sangat memudahkan Anda dalam melakukan transaksi. Diantaranya seperti Go-Pay dan OVO yang menggunakan pembayaran melalui aplikasi di smartphone.

Hal itu diungkapkan, Dahruji, Dosen Fakultas Keislamaan Universitas Trunojoyo Madura (UTM), dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat (24/9/2021).

Ia menerangkan, saat ini sistem pembayaran digital membuat orang-orang tergerak menjadi cashless society yaitu masyarakat yang tidak menggunakan uang tunai lagi untuk bertransaksi tetapi menggunakan metode digital atau elektronik.

“Salah satu yang membuat minat dari masyarakat untuk menggunakan sistem cashless adalah karena keuntungan yang didapatkan sangat banyak sekali bagi penggunanya,” tuturnya.

Ini beberapa keuntungan transaksi menggunakan pembayaran digital, seperti:

  • Pembayaran digital sangat praktis

Melakukan pembayaran digital membuat Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak, jika Anda ingin membeli sesuatu cukup melakukan scan melalui smartphone Anda. Sangat praktis sekali jika Anda menggunakan melalui digital, Anda bisa lebih efisien dalam melakukan transaksi.

  • Promo Menggiurkan

Para penyedia jasa fintech saat ini menyediakan promo-promo yang menggiurkan. Mulai dari diskon untuk makanan, cashback, dan lainnya. Dengan adanya promo ini banyak orang yang akhirnya menggunakan pembayaran digital untuk lebih mendatangkan keuntungan.

  • Memudahkan mengatur pengeluaran

Anda akan mendapat kemudahan untuk mengatur pengeluaran Anda jika menggunakan cashless, karena pembayaran digital bisa mencatat Transaksi non-tunai yang pernah Anda lakukan ke dalam database yang dapat Anda akses sewaktu-waktu. Dengan kemudahan itu, dapat memonitor seluruh transaksi, sehingga bisa menentukan dan mengevaluasi atas pengeluaran Anda.

  • Bayar apa saja jadi mudah

Dengan adanya teknologi ini membuat semua proses pembayaran jadi mudah dan praktis. Dengan hanya menggunakan Aplikasi handphone Anda bisa membayar segala jenis tagihan seperti listrik, air, BPJS dll. Semuanya beres tanpa ada kesusahan.

  • Proses transfer uang sekarang semakin mudah

Zaman dahulu jika kita ingin melakukan transfer uang kepada orang lain, maka solusinya yaitu menggunakan wesel atau datang langsung ke Bank untuk melakukan transfer. Di saat ini Anda hanya cukup melakukan nya dengan menggunakan sebuah aplikasi di smartphone.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat (24/9/2021) juga menghadirkan pembicara Intan Putri Nazila (Dosen STEBI Sidogiri Pasuruan & Universitas NU Blitar), Ridan Muihtadi, (Dosen dan Sekretaris LPPM IAI Miftahul Ulum Pamekasan), Fauzi Efendi, (Influencer dan Content Development), dan Dian Ardenia Soesanti sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. BerlAndaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.