Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Sidoarjo, (27/9).

Acara dipimpin oleh Moderator Muhamad Ridho., dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Anjani Amitya Kirana, BES., Eko Hardi Ansyah, M.Psi., Vivid Sambas ST, MMT., M.M., Tio Utomo., dan Rizky Ardi Nugroho.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Pentingnya Literasi Digital Dalam Memajukan Bangsa dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 158 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Eko Hardi Ansyah, M.Psi. untuk menciptakan digital happiness, apa saja yang di perlukan selain dari komunitas yang positif? Dan bagaimana mengontrol perasaan yang amat sangat ingin men-share suatu berita yg sedang viral, yang seperti menghipnotis diri kita tanpa mencari tahu terlebih dahulu apakah itu konten positif atau negatif?

Eko Hardi Ansyah menerangkan, “Ketika mendapatkan suatu informasi dan kita anggap penting sehingga merasa perlu menyebarkan tanpa mengetahui benar atau tidaknya informasi, kita mau tidak mau harus berusaha menahan diri. Perasaan untuk menyebarkan tersebut karena kita memiliki dorongan untuk melakukannya yaitu kebutuhan untuk menjadi orang yang bebas berekspresi. Cara agar kita tetap bisa aware terhadap apa yang terjadi adalah membangun inner believe atau kecapakan pola pikir yang penting dalam menjalani kehidupan. Kita harus bisa perduli dengan perasaan orang lain dan diri sendiri. Gunakan empati kita sehingga kita dapat belajar memahami perasaan orang lain. Kuncinya adalah kesabaran”.

Kegiatan ini berlangsung sangat penuh semangat dan tingginya minat para peserta. Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan e-certificate.

Dengan berakhirnya acara kegiatan webinar hari ini, moderator, para narasumber, praktisi dan juga seluruh peserta yang hadir diminta untuk berfoto bersama melalui platform zoom sebagai wujud apresiasi terhadap seluruh narasumber dan juga peserta yang mengikuti kegiatan webinar ini.

 

Terima kasih kami haturkan untuk gotong royong seluruh pihak yang telah mengabarkan, mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

 

Bagi masyarakat, terus update yuk literasi digital mu dan jangan lupa untuk terus mengikuti webinar kita ya!. Gunakan juga tagar #MakinCakapDigital dalam setiap postinganmu terkait literasi digital. Untuk informasi kegiatan selanjutnya, kunjungi akun Instagram @literasidigitaljatim1 dan website event.literasidigital.id. Salam Literasi Digital dan terima kasih.