Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Jember, (27/9).

Acara dipimpin oleh Moderator, Lilies Rolina, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Job Pamungkas, SST. Par, Dr. Ikwan Setiawan, M.A., Dr.  Havid Han, M.M., Akhmad Firman Namal, dan Praseno Nugraha.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Pentingnya Literasi Digital Dalam Memajukan Bangsa dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 504 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Praseno Nugraha adalah Bagaimana cara agar kita dapat selalu konsisten dalam mengembangkan media sosial kita sampai mendapatkan income dari hal tersebut? Karena seringkali kita susah untuk konsisten dikarenakan tidak mendapatkan income dari konten yang kita buat sehingga tentu saja hal tersebut menjadi kendala bagi kita dalam konsisten untuk membuat konten yang berkualitas.

Praseno Nugraha menjelaskan, “Ada beberapa hal yang bisa dicek :apakah konten itu sesuai dengan minat kita, karena itu akan menjadi berat dan tidak konsisten. apakah konten yang kita buat memerlukan langkah-langkah yang panjang. Persingkat agar bisa konsisten. Kita buat konten juga harus berdasarkan minat calon penonton. namun tidak juga dengan yang viral. suatu ketika, zoom dibutuhkan, saya coba bikin tutorial zoom di Youtube, dan penonton akhirnya melihat chanel saya. kita harus fokus dan berkaitan dengan minat kita dan minat followers. Agar konsisten. cara itu nomor dua. yang pertama adalah mindset, kalo kita pengen dapet uang terus, tentu itu akan jadi berat. contohnya kalo kita bahagia saat pasangan kita menanyakan keadaan kita. Artinya bukan tentang materi lagi. Kita perlu mengubah tolak ukur keberhasilan kita. Rajin posting sebulan sekali misalnya. Berbagi kebaikan- berbagi ilmu. saat kita posting harapan nya kita sudah posting, dan bermanfaat”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.