Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Sidoarjo, (9/10).

Acara dipimpin oleh Moderator, Ivana Rouf, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Faizal Johan Atletiko, S.Kom., M.T., Achmad Irfandi, Ulil Albab, Bagaskoro, S.Kom., MM. dan Jeanny Julia.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Filter Informasi Di Era Serba Digital” dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 567 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Faizal Johan Atletiko adalah “Sebagai pengguna internet kita sering menjumpai warga net yang mengirimkan komentar komentar yang tidak baik kepada para musisi / artis  maupun kepada YouTuber, mungkin banyak juga orang-orang yang tidak mau membuat konten YouTube atau berkreatif di internet karena takut dibenci/dikomentari pedas di Internet. Sebaiknya bagaimana kita menanggapi orang-orang yang tidak suka dengan karya yang kita buat? dan edukasi apa yang tepat yang dilakukan terhadap orang orang yg melakukan hate speech tersebut?”

Faizal mengatakan, “Hampir semua medsos bisa mematikan komentar sehingga kita bisa memanfaatkan fasilitas itu dan tetap berkarya tanpa khawatir hasil komentar, kemudian kita bisa banjiri diri dengan informasi yang baik dan positif untuk juga bisa berkarya dan memberikan yang baik dan positif juga”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.