Marketplus.id – Dunia bisnis selalu penuh dengan tantangan dan persaingan, para pebisnis tentu sudah memahami hal ini. Untuk menjangkau pelanggan, berbagai cara kerap dilakukan apalagi saat pandemi Covid-19 yang mana event offline susah diselanggarakan.

Zacky Badrudin, Founder Visquares Digital Event, menjelaskan, belakangan ini, mengadakan event online menjadi pilihan banyak pebisnis dan perusahaan dalam mendapatkan konsumen. Hal ini tentu patut dicoba, apalagi jika Anda berniat mendapatkan penjualan yang lebih tinggi ke depannya.

“Event online merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan untuk menarik perhatian dari para pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari mengadakan webinar hingga acara workshop online yang mendatangkan narasumber yang ahli di bidang tertentu,” kata Zacky, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Rabu (13/10/2021).

Berikut ini adalah beberapa poin penting, yang wajib dicermati saat akan membuat event online, seperti:

  1. Tentukan peserta yang tepat

Apapun sistem pemasaran yang dilakukan, memilih target pasar yang tepat tentu akan selalu menjadi poin penting. Hal ini juga berlaku saat akan mengadakan event online. Anda harus bisa menentukan siapa saja yang menjadi target tepat untuk aktifitas yang dilakukan ini.

2. Tentukan konsep event online

Konsep event online tentu akan sangat mempengaruhi kesuksesan event itu sendiri. Anda harus menentukan konsep yang jelas sejak awal, sehingga bisa merencanakannya dengan lebih matang. Ada beberapa konsep yang dapat Anda jadikan pertimbangan, mulai dari webinar hingga diskusi yang lebih santai. Dalam kegiatan ini, Anda harus fokus untuk menciptakan sebuah pengalaman yang berbeda (unik) bagi para audiens, dimana hal tersebut belum pernah dilakukan para pesaing bisnis.

3. Pilih platform yang tepat

Untuk mengadakan event online, Anda akan menemukan banyak pilihan platform, seperti: Facebook Livestream, Zoom, Periscope, YouTube Live, dan yang lainnya. Pada dasarnya, semua layanan ini memiliki fitur yang mirip antara satu dengan yang lainnya. Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk membuat event online Anda menjadi jauh lebih menarik. Namun pastikan Anda memilih platform yang tepat dan sesuai dengan konsep event online itu sendiri. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan platform ini dengan para audiens yang menjadi target di dalam event tersebut.

4. Lakukan di waktu yang paling tepat

Umumnya event online akan sukses jika diadakan pada akhir pekan di mana sebagian besar orang sedang santai dari rutinitas harian. Namun hal ini juga tetap harus dilakukan dengan beberapa pertimbangan, seperti: apakah di hari tersebut ada event olahraga populer yang ditayangkan televisi? Apakah ada acara konser atau pagelaran musik? Berbagai hal di atas patut menjadi pertimbangan, sebab bisa membuat Anda tidak mendapatkan audiens dalam jumlah yang besar. Pilih waktu yang tepat untuk mengadakan event online ini dengan baik.

5. Lakukan sosialisasi

Selain semua persiapan di atas, sosialisasi juga menjadi poin penting yang tak bisa diabaikan. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan yang lainnya untuk mempromosikan event online tersebut. Jangan lupa untuk melengkapi halaman promosi Anda dengan beberapa hal yang memudahkan audiens, seperti: formulir pendaftaran, profil speaker yang ditampilkan, bahkan video singkat berisi tata cara mengikuti event online tersebut. Gunakan juga hashtag menarik, agar orang lebih mudah untuk tertarik mengikutinya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Rabu (13/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Bowo Suhardjo (Komisaris Independen & Komite Audit IdoSteling Aset Manajemen), Bahruddin (Tim Komunikasi Publik KPCPEN Nasional Pembina Relawan TIK Pasuruan), M. Farkhan (CEO progsby.com & Dosen Universitas Maarif Hasyim latif), dan Ibrahim Hanif sebagai Key Opinion Leader.