25 Juni 2024

Marketplus.id – Belum lama ini, Data 279 juta penduduk Indonesia diduga bocor dan dijual di forum online. Adapun, data penduduk Indonesia yang bocor meliputi nomor identitas kependudukan (NIK), nomor telepon, alamat, alamat email, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan data pribadi lainnya. Ironisnya, kasus kebocoran maupun pencurian data secara online ini tidak hanya terjadi sekali ini saja.

Hal itu dikatakan, Diondy Kusuma, Chief Marketing Officer Diana Bakery, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (19/10/2021).

Lanjutnya, sebelumnya, jutaan data pribadi pelanggan dari sebuah e-commerce juga pernah dicuri dan diperjualbelikan di situs gelap. Data pribadi yang tersimpan di platform digital saat ini sangat rentan dicuri.

“Padahal masyarakat semakin bergantung pada platform digital, terutama di tengah pandemi Covid-19 atau Corona yang masih terus berlangsung ini,” paparnya.

Agar lebih aman dan terhindar dari pencurian data secara online, ada baiknya kamu menerapkan beberapa tips berikut ini:

  1. Perhatikan Izin Aplikasi Ketika Ingin Mengunduhnya

Coba periksa dulu izin aplikasi sebelum memutuskan untuk mengunduhnya. Kita perlu kritis, apakah masuk akal aplikasi untuk meminta izin tertentu, seperti mengakses kontak. Waspadai aplikasi yang meminta akses data yang tak relevan dan jadikan tanda peringatan utama. Ketika menemukan suatu kejanggalan, batalkan mengunduh aplikasi itu!

2. Jangan Klik Tautan yang Mencurigakan

Jika menerima email yang tampak mencurigakan, sebisa mungkin jangan klik tautan apapun atau membuka lampiran dalam surel tersebut. Peretas mungkin mencuri data username dan password akun milikmu jika mengklik tautan itu.

3. Selalu Perbarui Perangkat Lunak Secara Berkala

Tips selanjutnya menghindari pencurian data pribadi adalah selalu meluangkan waktu untuk memperbarui sistem operasi di perangkat ponsel. Hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan data smartphone milikmu. Pembaruan software membuat selangkah lebih depan dari para peretas dan pencuri data. Coba sesuaikan pengaturan sehingga perangkat milikmu bisa diperbarui secara otomatis. Bisa dibilang, pembaruan aplikasi layaknya vaksinasi yang bisa melindungi dari berbagai penyakit. Karena itu, wajib untuk selalu memperbarui sistem operasi di smartphone.

4. Jangan Gunakan Password Tanggal Lahir atau yang Terlalu Mudah

Biasanya banyak platform online menganjurkan agar pengguna memiliki password yang terdiri dari kombinasi huruf, angka, huruf kapital, dan simbol. Hal ini agar password tidak bisa ditebak dengan mudah. Sebaliknya password dengan kombinasi angka yang terlalu mudah seperti 111111 atau 123456 atau berisi angka tanggal lahir, sangat mudah ditebak.

5. Pastikan Keamanan Jaringan yang Digunakan

Walaupun terkesan bisa berselancar sepuasnya tanpa menguras paket data, ada bahaya yang mengintai ketika menggunakan jaringan Wi-Fi publik. Memakai jaringan Wi-Fi publik tidak selalu aman, karena rentan disusupi hacker jahat yang mencuri data pribadi. Karena itu, sebaiknya jangan gunakan Wi-Fi public, terutama saat melakukan transaksi pembayaran atau membuka akun bank.

6. Selalu Unduh Aplikasi di Tempat Resmi, Yaitu Google Play Store atau AppStore

Satu lagi tips yang perlu kamu terapkan untuk menghindari pencurian data: selalu unduh aplikasi di tempat resmi seperti Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan I nformatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (19/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Erri Gandjar (GA Director OZ Radio Bali & Founder HIRU Clothing Line), Herry Darmawan (CEO Axelbit Training Center & Praktisi Pendidikan), Ni Made Sudaryani (Managing Director D&D Consulting & Founder Assessme.id), dan Tresia Wlandari sebagai Key Opinion Leader.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *