13 Juli 2024

Marketplus.id – Menjadi seorang pebisnis adalah harapan hampir sebagian orang. Namun, tak setiap orang memiliki kesiapan dan keberanian yang sama untuk menjalankan sebuah bisnis. Modal yang kurang cukup, keahlian yang kurang, koneksi yang sedikit dan berbagai alasan lain kerap dilontarkan sebagai alasan belum dimulainya bisnis yang telah diimpikan atau direncanakan.

Hal itu diungkapkan, Novita Kristiani (Business Owner Prelovita.id) sebagai Key Opinion Leader, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (27/10/2021).

Ia menambahkan, seiring dengan perkembangan zaman, hal tersebut dapat diatasi sehingga tidak menghalangi keinginan Anda untuk menjalankan sebuah bisnis. Solusi tersebut adalah menjalankan bisnis online.

“Berbeda dengan bisnis biasa, ada berbagai macam keuntungan dan peluang yang bisa anda manfaatkan dan dapatkan melalui bisnis online,” terangnya.

Beberapa hal ini dapat menjadi alasan memilih bisnis online:

  1. Banyaknya pengguna internet

Seseorang sukses menjalankan bisnis tentu berkaitan dengan seberapa banyak orang yang menggunakan produk tersebut, dengan banyaknya orang yang menggunakan media internet ini tentu peluang usaha kita untuk digunakan banyak orang akan semakin besar.

2. Pangsa pasar yang luas

Dengan menggunakan internet kita bisa melakukan komunikasi kepada orang lain dengan sangat mudah tanpa adanya batasan ruang gerak dan waktu. Di manapun dan kapanpun, kita bisa menjalin komunikasi asalkan ada koneksi internet. Dengan pangsa pasar yang luas akan memperbesar besar presentase untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

3. Bisnis yang fleksible dan juga mudah

Banyak orang berkata menjadi seorang pebisnis itu tidak semudah membalikan telapak tangan, hal ini memang benar, namun untuk sekarang hal ini sudah tidak berlaku, khususnya dibidang bisnis online karena banyak teknologi anyar yang membuat bisnis online menjadi lebih fleksibel dan juga mudah, meski kita bukan seorang ahli.

4. Pengenalan produk sangat mudah

Alasan memilih bisnis online kali ini berkaitan dengan kemudahan internet untuk mengenalkan produk baru, kita bisa menggunakan media sosial atau forum hanya untuk kegiatan promosi.

5. Tidak tergantung pada kondisi cuaca

Inilah keistimewaan sekaligus salah satu dari 10 alasan mengapa memilih bisnis online dibandingkan dengan bisnis lainya yaitu tidak ada gangguan dari panas maupun hujan kecuali dari ganguan koneksi internet itu sendiri.

6. Menciptakan lapangan kerja

Di tengah kondisi ekonomi yang seperti ini membuat banyak investor memilih untuk tidak menanamkan modal di Indonesia dan akhirnya beberapa karyawan harus keluar dari perusahaan. Dengan membangun bisnis online tentu kita bisa menciptakan lapangan kerja baru dan ikut andil dalam mensejahterakan kehidupan orang banyak.

7. Sangat praktis

Alasan mengapa memilih bisnis online kali ini berkaitan dengan sarana dan prasarana dalam berbisnis, dengan membuat bisnis online contohnya toko online tidak harus membutuhkan tempat usaha cukup website atau aplikasi saja.

8. Biaya operasional sangat kecil

Bisnis online memang memiliki biaya operasional yang sangat kecil dan biaya paling utama adalah koneksi internet dan listrik itu saja. jika anda membutuhkan karyawanpun tidak sebanyak bisnis offline lainya.

9. Promosi tanpa ada batasan waktu

Salah satu kunci sukses dari sebuah usaha adalah adanya promosi yang akan membuat bisnis tersebut semakin dikenal orang banyak. Berbeda dari bisnis konvensional yang cenderung memiliki batasan waktu, dalam bisnis online semua bentuk promosi Anda akan tersimpan selamanya di database.

10. Modal yang tidak terlalu banyak

Karena pada dasarnya modal yang dibutuhkan dalam bisnis online itu tidak sebesar bisnis lainya. Anda bisa memulai bisnis ini hanya dengan komputer, koneksi internet, itu saja.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (27/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Edy Purwanto (Dosen FEB Universitas Wiraraja), Agung Gita Subakti (Lecturer Specialist S2 Business Hotel Management Universitas BINUS), Akhmad Farroh Hasan (Praktisi Hukum dan Dosen UIN Malang), dan Rizqi Mulyantara (CEO Digitiket).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *