Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Jember, (27/10).

Acara dipimpin oleh Moderator, Dian Wardani, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Ababil, M Zainulloh, Havid Han, Tio Utomo dan Frenza Firman (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Peran Generasi Muda Dalam Literasi Digital dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 1455 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Tio Utomo adalah ruang digital sekarang menjadi realitas yang seharusnya tidak mengubah seseorang menjadi berbeda dengan realitas nyata. Seperti yang kita ketahui bahwa kesopanan dalam digital warga indonesia sangat rendah.  Lantas apa yang harus dilakukan agar dalam bermedia sosial tetap bisa memperhatikan nilai sosial dan berperilaku yang baik seperti ketika berperilaku di dunia nyata?

Tio Utomo menuturkan, “Jadi sebetulnya teman-teman sekalian Bagaimana bisa membangun komunikasi yang mampu menumbuhkan relationship sebuah hubungan jadi bukan cuma sekedar komunikasi yang mengantarkan pesan aja ketika berkomunikasi tapi juga mampu membentuk sebuah hubungan Bagaimana caranya harus memperhatikan empat faktor-factor tersebut”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.