13 Juli 2024

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Jember, (30/10).

Acara dipimpin oleh Moderator, Rahmadana Junita, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Moh. Abd. Rauf, S.H, Robert Filipus Ambat, Rachel Octavia, Bondan Wicaksono dan Etty Ariaty Soraya, Sos, Mci (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Kenali Digital Footprints Sebelum Memposting dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 139 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Etty Ariaty Soraya, Sos, Mci adalah Kecakapan digital peserta didik sangat cakap dalam berinternet. tidak terkecuali dalam mencari jawaban dalam tugas yang diberikan, mereka sangat cakap dengan menggunakan google bahkan dengan mengucapkan tanya google, jawaban tersebut dicopas tanpa membaca dan memahaminya. Bagaimana cara meminimalisir ketergantungan tersebut? agar para peserta didik bukan hanya mengandalkan google. terima kasih.

Etty Ariaty Soraya menjelaskan, “Meminimalisir: dengan cara memberi pemahaman kepada anak didik kita bahwa mereka harus mencantumkan sumber/jurnal dari mana mereka mendapatkan informasi tersebut. karena perpustakaan dibatasi, google/internet menjadi salah satu sumber. Kita juga harus memberikan contoh dalam memberikan materi, juga harus menampilkan sumber. Ketika anak didik tidak menampilkan sumber, bisa ditanya sumbernya di mana. Dalam berliterasi digital juga ada copyright dan kita harus menghargai orang yang menulis atau membuat konten tersebut”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *