1 Juli 2025
Picture1 copy

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Pasuruan, (8/11).

Acara dipimpin oleh Moderator, Riska Regita, S.E, CPS®️, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Ir. Andre Parvian Aristio, S.Kom., M.Sc., Bagus Supriadi, Mira N Sahid, S.Pd, Rita Nurlita, S.Sos., M.I.Kom. dan Deddy Huang (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Pentingnya Jejak Digital Yang Baik dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 718 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Mira N Sahid, S.Pd adalah Bagaimana upaya yg tepat untuk meningkatkan kesadaran Pelajar terutama seperti teman teman terhadap pentingnya Etika Digital? Kemudian apakah lingkungan dengan etika yang tidak baik akan mempengaruhi kepribadian pelajar ? Jika berbicara untuk siswa/anak bagaimana cara mengedukasi para pelajar agar memiliki Netiket/ etika beriternet di era digital saat ini?

Mira N Sahid mengatakan, “Ini adalah bukti bahwa penting sekali bagi kita untuk menjadi generasi perubahan, aktiflah menjadi agen perubhan id lingkungan sekitar kita. Ruang lingkup/circle yang tidak baik tidak selalu menjadikan seseorag baik pula, ada faktor-faktor lain yang bisa mempengarui hal tersebut. Untuk itu jika kita ingin melibatkan anak-anak dalam dunia digital maka berikanlah arahan yang tepat sehingga mereka tidak akan terjerumus ke arah yang salah”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *