11 September 2024

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Lamongan, (8/11).

Acara dipimpin oleh Moderator, Vio Annisa, S.Pd., CPS®, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Jacob Win, Dedi Kurniawan, S.Ikom, Aulia Siska, S.Sos, Pradipta Nugrahanto dan key opinion leader (KOL) Anindito Wisnu Sampurno.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Pentingnya Jejak Digital Yang Baik” dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 685 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Dedi Kurniawan, S.Ikom adalah “Tidak bisa di pungkiri untuk saat ini kita tidak bisa lepas dari gadget, apalagi saat pandemi seperti ini semua sangat tergantung dengan digital, bagaimana cara mengatur waktu atau memanajemen diri yang baik saat menggunakan gadget saat bangun tidur sampai berangkat tidur lagi, agar tidak menimbulkan kecanduan yang berat saat memegang gadget?”

Dedi Kurniawan menuturkan, “Intinya adalah kita harus menguasai diri kita, mengelola waktu, dan memanajemen diri sendiri agar kita tidak berfokus pada internet. Setiap hari, kita harus membuat timeline dan target keseharian kita, sehingga kehidupan kita bisa semakin teratur. Timeline dan target keseharian bisa dilakukan dari skala prioritas.”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *