Marketplus.id – Cara membangun personal branding di era digital sangat penting dipelajari khususnya bagi para pengelola bisnis. Personal branding yang dimaksud lebih merujuk ke bagaimana persepsi masyarakat terhadap individu.

Nur Aini (Influencer) sebagai Key Opinion Leader, mengatakan, setiap strategi yang dilakukan tentunya akan memberikan dampak terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan. “Hal ini karena personal branding memiliki segudang manfaat khususnya bagi Anda yang fokus terhadap pengembangan bisnis online,” ujar Nur, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (09/11/2021).

Ia menambahkan, membangun personal branding tentu akan meningkatkan citra perusahaan maupun personal bisnis yang sedang Anda jalankan. Personal branding adalah proses membangun citra yang konsisten di mata orang lain. Hal tersebut merupakan bentuk dari minat, visi dan tujuan yang dimiliki sehingga memiliki peran penting. Jika Anda mampu membangun personal branding dengan kuat dan membuat orang lain tertarik, maka kesempatan untuk menjual produk akan semakin besar.

“Membangun personal branding di era digital memang tidak mudah. Hal tersebut karena Anda harus bersaing dengan pebisnis lain. Meski begitu ada beberapa cara paling mudah dalam membangun strategi personal branding khususnya bagi Anda yang baru saja terjun ke bisnis online,” terangnya.

Berikut ini beberapa strategi paling mudah dalam membangun personal branding di era digital, seperti:

  1. Pilih nama domain yang lebih profesional

Domain sangatlah penting dalam sebuah website. Hal ini nantinya akan menjadi identitas Anda. Dalam memilih domain yang tepat, Anda harus memilih nama yang profesional. Usahakan namanya juga mudah diingat. Jika Anda memilih domain untuk bisnis online, Anda bisa menggunakan inisial nama produk yang Anda jual. Namun jika untuk blog pribadi, Anda bisa menggunakan nama asli Anda agar lebih terpercaya dan profesional.

2. Buat alamat email terpercaya

Konsumen sekarang semakin pandai. Dengan hanya melihat sekilas nama email saja sudah bisa menilai apakah itu asli atau tidak. Di sini Anda harus membangun personal branding bisnis Anda dengan memilih nama email yang terpercaya.  Hindari menggunakan alamat email seperti @gmail.com, @yahoo.com maupun lainnya, namun Anda masih bisa menggunakan platformnya dan melakukan redirect.

3. Maksimalkan kinerja website

Memaksimalkan kinerja website juga merupakan salah satu strategi paling mudah dalam membangun personal branding. Dalam hal ini Anda harus memilih hosting yang tepat. Mengapa demikian? Hal tersebut karena hosting yang tepat akan memberikan pengaruh terhadap website. Orang akan mengunjungi website yang memiliki kecepatan kurang dari 3 detik. Pastikan website yang Anda miliki memiliki loading yang cepat.

4. Terindex di Google

Pastikan nama Anda terindex di google sehingga saat orang lain mengetikkan nama Anda, paling tidak ada salah satu nama akun sosial media dari produk Anda. Jika bisnis online yang Anda kelola sudah lama, biasanya akan muncul salah satu yang terindex di Google.

5. Melakukan promosi lintas platform

Promosi lintas platform sangatlah tepat untuk membangun personal branding bisnis Anda. Yang maksud melakukan promosi lintas platform di sini adalah melakukan promosi akun sosial media dan website secara bergantian. Misalnya hari ini Anda memanfaatkan instagram untuk promosi, besoknya Anda bisa memanfaatkan akun Facebook. Dengan begitu maka akan membantu membangun personal branding pada bisnis Anda.

6. Meningkatkan interaksi dengan audiens

Membangun personal branding paling mudah bisa Anda lakukan dengan cara meningkatkan interaksi dengan audiens. Sapa dan berikan apresiasi terhadap orang-orang yang sudah memberikan komnetar di akun sosial media Anda. Jangan hanya memberikan jawaban singkatan tetapi usahakan agar memancing untuk berdiskusi lebih panjang agar brand semakin dikenal.

7. Buat konten yang unik dan beda dari yang lain

Jika Anda mengelola sebuah website maka buatlah konten-konten yang terkait dengan bisnis Anda. Buat yang lebih relevan dengan topiknya. Semakin baik di mata audiens akan semakin kredibel. Dengan begitu kepercayaan mereka terhadap brand Anda akan semakin meningkat. Konten yang unik juga akan memberikan nilai bagi mereka yang baru saja mengenal brand Anda.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (09/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Gian Depa Hermawan (PMT & Business Development at PT. Sahftindo Energi), Tiurida Lily Anita (Faculty Member at Binus University & Assessor Hotel and Restaurant at BNSP), Muhammad Faiq (Dosen UIN Maliki Malang), dan Moh. Arifin (Manager SDM Manara Consulting & Ketua LPMM STAI).