Marketplus.id – Kehidupan masyarakat modern tentulah tak lepas dari manfaat internet yang memegang peranan penting dalam kegiatan manusia saat ini.

Karena manfaat internet, segala kemudahan dalam hidup kini bisa didapatkan. Karena internet memiliki pengertian sebagai jaringan komputer yang terhubung satu sama lain yang bisa digunakan sebagai pertukaran arus informasi satu dengan yang lainnya.

“Secara umum, internet memiliki beberapa fungsi dan tujuan yang memudahkan manusia, misalnya: memudahkan arus pertukaran informasi, dan menghubungkan manusia yang terpisah oleh jarak,” ungkap Rinanti Adya Putri, Operations Executive di ZALORA Group ketika berbicara sebagai Key Opinion Leader, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Selasa (09/11/2021).

Ia manambahkan, dalam perkembangannya kini, internet tak hanya digunakan untuk saling terhubung, namun juga sudah menjadi bagian dalam haya hidup manusia. Hampir semua kegiatan manusia kini berhubungan dengan internet, misalnya saja berbelanja, bertransaksi perbankan, sampai belajar secara online.

Terdapat beberapa manfaat internet dalam kehidupan manusia, antara lain:

  • Sosialisasi

Manfaat internet bisa digunakan sebagai sarana komunikasi dan sosialisasi antar manusia. Kini kita tak perlu betatapan muka secara langsung untuk bisa melakukan percakapan. Terdapat teknologi perpesanan secara online seperti Whatsapp dan Telegram yang memungkinkan kita terhubung secara real-time dengan orang lain di belahan bumi manapun.

  • Bisnis

Internet juga sangat bermanfaat dalam usaha atau bisnis. Jika zaman dahulu pasar hanya bisa ditemukan dalam bentuk toko fisik, yang mengharuskan kita mendatangi tempat tersebut untuk membeli barang-barang kebutuhan, kini semua itu tak perlu lagi dilakukan. Dengan adanya internet, pasar-pasar secara online berkembang secara masif sehingga kita bisa menemukan produk apapun yang dibutuhkan di marketplace. Praktis dan hemat tenaga!

  • Self-Developing

Tak hanya untuk berbisnis, manfaat internet juga bisa digunakan untuk meningkatkan pengembangan diri melalui kursus-kursus online yang bisa diikuti dari rumah. Kita bisa memilih sendiri jenis pelatihan dan waktu pelatihan yang diinginkan dengan mencarinya di internet.

  • Hiburan

Tak hannya itu, kita juga bisa mendapatkan hiburan dengan adanya internet. Mulai dari game online sampai menonton film secara online bisa dilakukan karena manfaat internet.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Selasa (09/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Widya Pramusetyo (Aktivis Teknologi Informasi), Keke Michelle Awuy (Tenaga Ahli DPR RI), Agus Latif (Konsultan Industri Kecil dan Menengah), dan Amin Rais (Owner Regundes & Mentor Praqtek.com).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.