Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kota Surabaya, (9/11).

Acara dipimpin oleh Moderator, Vio Annisa, S.Pd., CPS®, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Arief Budiono, S.T., M.M., Mas’ud, S.Pd., M.Pd., Aulia Siska, S.Sos., Bagaskoro, S.Kom., MM., dan Fadhilah Nur Nafisah

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Stigma pada Era Digital dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 1101 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Arief Budiono, S.T., M.M. adalah Masyarakat kita sekarang sudah beralih dari uang tunai ke uang digital. Namun, sangat di sayangkan pemahaman keamanan uang digital belum terlalu di pahami masyarakat. Adakah tips agar warganet mau menggunakan uang digital ini dengan bijak, tidak menjadikan warganet menjadi pribadi yang konsumtif karena banyaknya promo dari penggunaan uang digital ini?

Arief Budiono memaparkan, “Gunakan satu dompet digital saja, usahakan hanya menggunakan satu dompet digital. Memang ada beberapa dompet digital yang menawarkan promo, sehingga ini menstimulasi kita untuk meletakkan uang kita di berbagai dompet digital tersebut. Jika kita ingin tetap hemat dan terhindar dari perilaku konsumtif, gunakan satu dompet digital saja. Kedua, gunakan saat butuh saja. Tidak semua merchant membutuhkan penggunaan dompet digital. Selain transaksi digital, gunakanlah uang tunai, karena tidak semua kebutuhan di Indonesia tidak terjangkau oleh dompet digital. Ketiga, pantau transaksi secara berkala terkait saldo agar bisa berhitung dan berhemat, sehingga pengeluaran bisa terkendali dari dompet dan uang digital.

Dalam menggunakan dompet digital, tolong digunakan secara produktif. Alangkah lebih baiknya diimbangi dengan hal yang produktif dan nantinya bisa meningkatkan pendapatan kita.

 

Kegiatan ini berlangsung sangat penuh semangat dan tingginya minat para peserta. Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan e-certificate.

 

Dengan berakhirnya acara kegiatan webinar hari ini, moderator, para narasumber, praktisi dan juga seluruh peserta yang hadir diminta untuk berfoto bersama melalui platform zoom sebagai wujud apresiasi terhadap seluruh narasumber dan juga peserta yang mengikuti kegiatan webinar ini.

 

Terima kasih kami haturkan untuk gotong royong seluruh pihak yang telah mengabarkan, mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

 

Bagi masyarakat, terus update yuk literasi digital mu dan jangan lupa untuk terus mengikuti webinar kita ya!. Gunakan juga tagar #MakinCakapDigital dalam setiap postinganmu terkait literasi digital. Untuk informasi kegiatan selanjutnya, kunjungi akun Instagram @literasidigitaljatim1 dan website event.literasidigital.id. Salam Literasi Digital dan terima kasih.