Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Banyuwangi, (10/11).

Acara dipimpin oleh Moderator Vio Annisa, S.Pd., CPS®., dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Retno Aulia Vinarti, S.Kom, M.Kom, Ph.D., Riza Rastri., Vivid Sambas ST, MMT., B.Sc. (Hons) Muhammad Yusuf Satria,MBA, MM., dan Erbe Sentanu.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Mengasah Hobi Melalui Dunia Digital dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 418 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Riza Rastri, Bagaimana cara yang paling ampuh untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat? Karena yang ditemui tentu tidak hanya anak muda, tapi juga orangtua yang kadang anak muda desa agak sungkan jika menawarkan untuk berkolaborasi.

Riza Rastri menuturkan, “Berusahalah untuk menjadi pendengar yang baik. Berusaha untuk mendengarkan keluhan, kekurangan yang biasa terjadi. Melihat potensi kolaborasi ide kepada anggota lokal dilanjutkan dengan pengenalan program yang berhubungan dengan kebutuhan optimalisasi potensi daerah tersebut. jangan menjanjikan monetisasi, tapi dimulai dengan pengembangan potensi yang belum dikelola sebelumnya. Sehingga keberhasilan diraih secara bersama dan organik”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.