Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiata Literasi Digital di JawaTimur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Kediri, (13/11).

Acara dipimpin oleh Moderator Nabila Dwi Putri S.P.W.K. dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu  Khusnul Khuroti Ramdannisa, Faizal Johan Atletiko, S.Kom., M.T, Mira N Sahid, S.Pd, Akhmad Firmannamal, Ph.D.., Ulfa Merdeka  (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Masih Adakah Privasi Di Dunia Serba Digital dan masing-masing narasumber berbicara  dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 273 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber  Mira N Sahid  adalah Mengenai kebebasan berpendapat dan berekspresi di dunia digital, apakah kita diberbolehkan untuk curhat di dalam media sosial? Karena terkadang kita juga butuh ruang untuk menceritakan sesuatu, apakah salah atau benar? Jika boleh, batasan – batasan seperti apa untuk curhat dimedia sosial yang aman? Apakah etika yang dianut media selama ini masih relevan?

Mira N Sahid menjelaskan, “Semua dikembalikan pada diri masing-masing, perlukah kita membagikan cerita pribadi kita dalam media sosial, apakah ada manfaatnya. Jangan sampai menjadi boomerang bagi diri sendiri pada persoalan di masa yang akan datang. Dan kemas dengan lebih baik jangan secara tulisan gamblang karena itu akan memberikan efek tertentu kepada curhatan kita yang tadinya niatnya hanya curhat jadi terkesan kita sembarangan menyebarkan kehidupan pribadi kita di ruang public. Kalau dalam keadaan emosi, sabar dulu, baca dulu sebelum posting. Yuk pahami etika didunia digital, kemas dengan hati yang menyenangkan supaya memberikan postingan yang positif dan bermanfaat”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di JawaTimur I. Kegiatan ini membahas empat  pilar utama Literasi Digital; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), EtisBermedia Digital (Digital Ethics), danCakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu factor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.