Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Jember, (19/11).

Acara dipimpin oleh Moderator, Geldy Indrapradana S.Tr.T, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Rezha Sahhilny Amran, ALFAN BAINOFI, S.Pd, Dr. Linda Dwi Eriyanti, M. Alvin Nur Choironi  dan Erbe Sentanu (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Literasi Digital Perluas Potensi Indonesia Di Ruang Digital dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 215 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Rezha Sahhilny Amran adalah Bagaimana cara memperbagus LinkedIn supaya lebih profesional dan dilirik oleh perusahaan-perusahaan? Hal ini cukup penting soalnya pak terutama untuk anak-anak fresh graduate.

Rezha Sahhilny Amran menuturkan, “Menceritakan siapa kita itu penting dengan kalimat atau copywriting yang cukup menjual. Menghias bagian “about” kita dengan ceritakan secara singkat deskripsi diri kita mirip seperti CV kita. Berbagi artikel atau pengalaman seperti portofolio pekerjaan ataupun project yang pernah kita kerjakan dan bergabung di komunitas atau organisasi apa saja untuk menambah nilai tambah kita saat melamar kerja. Tampilkan sertifikat dari yang pernah kita dapatkan agar penilai bisa tahu bahwa kita fokus ke bidang apa”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.