Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Sidoarjo, (19/11).

Acara dipimpin oleh Moderator, Ivana Rouf, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Retno Aulia Vinarti, S.Kom, M.Kom, Ph.D., Leo Rizki, Diana Dewi Damayanti, Rita Nurlita, S.Sos., M.I.Kom., dan Etty Ariaty Soraya, Sos, Mci.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Literasi Digital Perluas Potensi Indonesia Di Ruang Digital” dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 230 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Diana Dewi Damayanti adalah “Jika kita memiliki bisnis di ruang nyata dan digital, bagaimana cara efektif untuk mengkolaborasikan bisnis kita? Dari segi promosi sudah beda pastinya. Bagaimana supaya bisnis online maupun offline tetap mampu bersaing dengan competitor lain?” Diana menuturkan, “Saya sedikit sharing, awalnya saya memiliki laman di facebook karena untuk seumuran saya lebih interaktif, saya suka mendesain, saya belajar lewat youtube, kemudian saya bertemu dengan orang-orang yang memiliki basic jahit dan saya mencari bahan project di situs belanja online. Kemudian saya kolaborasikan project saya dengan hal-hal tersebut. Kemudian untuk zaman sekarang memang banyak persaingan, saya memiliki keyakinan bahwa produk kita memiliki keontetikan, tidak perlu takut karena kita disini tahu customer kita, buat produk sesuai target market kita, tidak masalah pasar kita kecil yang penting kita memiliki pelanggan setia”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.