Marketplus.id – Keuntungan yang didapat dengan menjadi desainer grafis sangat besar. Masalahnya, kebanyakan jago desain grafis frustrasi atau terdampar karena tidak tahu bagaimana menggunakan bakat. Bahkan, ada yang kekurangan inovasi kreatif untuk mengubah ide menjadi usaha menguntungkan.

Hal itu dikatakan, Rinanti Adya Putri, Operations Executive at ZALORA Group ketika berbicara sebagai Key Opinion Leader, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Rabu (24/11/2021).

Ia menambahkan, menjadi desainer grafis atau seniman grafis tidak berarti harus dibatasi hanya menjadi desainer saja. Ada juga usaha lain yang saling terkait. “Bisnis desain grafis juga dapat berjalan atau bergandengan dengan bisnis terkait lain. Bahkan, usaha tersebut bisa jadi ceruk penghasil uang,” ujarnya.

Berikut ini ide bisnis bagi desainer grafis, seperti:

  • Program pelatihan grafis

Banyak orang yang tertarik belajar desain grafis. Ini adalah cara yang keren untuk menghasilkan uang. Anda dapat menawarkan pelatihan privat atau kelas.

  • Jasa desain

Ide usaha fantastis lain yang dapat dimulai adalah membuka jasa desain grafis. Klien akan mengontrak Anda mendesain untuk mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk menghasilkan lebih banyak uang, terutama jika bisnis tersebut berlokasi di area percetakan komersial.

  • Edit video

Pengeditan video adalah ide bisnis lain yang dapat dilakukan desainer grafis atau seniman grafis. Jika tidak memiliki waktu dan kapasitas untuk masuk ke liputan video penuh waktu dan produksi video, Anda dapat menambahkan pengeditan video sebagai bagian dari layanan yang ditawarkan. Yang paling penting adalah harus mempelajari keterampilan mengedit video dan ini akan lebih mudah untuk belajar sebagai desainer grafis. Pastikan Anda dengan jelas menyatakan pengeditan video sebagai bagian dari penawaran bisnis. Ini pasti akan menarik klien yang akan menghasilkan lebih banyak keuntungan.

  • Merancang buku anak

Ide terbaik lain adalah usaha buku gambar anak, komik, pembuatan buku cerita. Permintaan layanan ini meningkat setiap hari. Pikiran kreatif dengan keterampilan merancang yang memadai adalah yang paling penting dalam bisnis ini. Yang diperlukan hanyalah meneliti jenis karakter kartun yang disukai anak-anak di daerah atau komunitas dan kemudian mengembangkan karakter serupa dalam komik.

  • Program kartun

Cara lain untuk menghasilkan uang sebagai seniman grafis adalah mengembangkan kartun yang dapat ditayangkan di stasiun TV. Jika berhasil mengembangkan program kartun edukatif untuk TV, maka Anda akan menghasilkan uang darinya. Anda juga dapat menjual soft copy kartun di toko buku anak-anak.

  • Merancang situs web

Peluang bisnis desain web sangat cocok bagi yang ahli secara profesional dalam mendesain situs web dan memiliki pengetahuan dasar dalam pengkodean HTML dan CSS. Desainer grafis juga dapat melihat ke arah ini jika ingin meningkatkan keuntungan.

  • Percetakan

Sebagai seniman grafis, salah satu ide bisnis utama yang dapat dikejar selain mengoperasikan studio grafis adalah memulai mesin cetak standar sendiri. Jenis bisnis ini padat modal sekaligus sangat menguntungkan.

  • Jual kartu ucapan

Ide bisnis lain yang bisa dikejar adalah penjualan kartu ucapan. Yang perlu dilakukan hanyalah mendesain dan mencetak kartu ucapan yang cocok untuk tujuan yang berbeda. Anda dapat menjual kartu ucapan sendiri atau dapat mencari distributor.

  • Layanan desain paket

Kemasan sangat penting dalam pemasaran dan promosi. Setiap produsen yang memperkenalkan produk baru ke pasar atau perusahaan mana pun yang ingin mendesain ulang kemasan produk yang ada dapat menjadi klien potensial. Hal ini dapat meningkatkan keuntungan karena perusahaan yang bergerak di bidang produksi selalu banyak mengonsumsi alat tulis.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Rabu (24/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Gian Depa Hermawan (PMT & Business Development at PT. Sahftindo Energi), Dr. Ifada Rahmayanti (Dosen tetap Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta), Eka Rini Widya Astuti (Ketua Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual ITSNU Pasuruan), dan DT Yunanto (Co-Founder AutoSultan Komunitas AutoTrading Forex).