Marketplus.id – PT Bank Amar Indonesia Tbk (“Amar Bank”), sebagai digital-only bank pertama di Indonesia, mendominasi di tiga kategori pada TOP Digital Awards 2021.

Amar Bank dianugerahi penghargaan TOP Digital Implementation 2021 #Level Star 4, sementara Presiden Direktur, Vishal Tulsian dan Chief Technology Officer (CTO), Kevin Kane masing-masing mendapatkan penghargaan TOP Leader on Digital Implementation 2021 dan TOP CIO on Digital Implementation 2021.

Penghargaan TOP Digital Implementation 2021 #Level Star 4 diberikan kepada Amar Bank untuk performa yang sudah terbukti sebagai digital bank dengan infrastruktur digital  sangat baik dan telah sukses mengimplementasikan ekosistem digital. Sehingga, menghasilkan kinerja dan daya saing yang kuat dari perusahaan dan karyawannya, serta memungkinkan Amar Bank untuk memberikan layanan yang sangat baik. Ini adalah tahun kedua Amar Bank memenangkan TOP Digital Awards secara berturut-turut.

“Merupakan suatu kehormatan besar, mengetahui bahwa upaya dan inovasi teknologi kami dalam membangun ekosistem digital yang tangguh, diakui oleh TOP Digital Awards 2021. Teknologi digital adalah inti dari Amar Bank, kami berkomitmen untuk memanfaatkannya dengan menyediakan layanan keuangan bagi mereka yang kurang terlayani dan belum memiliki rekening bank,” komentar Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank. “Saya juga merasa terhormat telah dinobatkan sebagai TOP Leader on Digital Implementation. Bersama dengan segenap tim Amar Bank, kami telah berhasil merevolusi pengalaman perbankan. Pencapaian ini akan mendorong kami  untuk membangun lebih banyak senyum pada masyarakat dan terus berinovasi seiring dengan transisi industri ke era perbankan digital.”

Penggunaan teknologi digital tidak terbatas pada produk dan layanan Amar Bank, tetapi juga dioptimalkan untuk operasional perusahaan guna membantu merampingkan alur kerja dan membuatnya lebih efektif dan efisien bagi karyawan. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang membawa perubahan dalam dunia perbankan digital yang dilakukan Amar Bank meliputi:

  • Big Data Architecture & Data Analytic

Amar Bank telah memanfaatkan teknologi Big Data dan Data Analytics sejak tahun 2014, terbukti dengan keberhasilan produk TUNAIKU yang memanfaatkan teknologi Predictive Data Modeling.

  • Cloud Computing

Amar Bank selalu mengutamakan sistem cloud. Ini terbukti dari 90% aplikasi, layanan, dan infrastruktur perusahaan yang sudah berbasis sistem cloud, sedangkan 10% sisanya merupakan investasi pada perangkat core banking dan aplikasi pendukung lainnya yang diwajibkan oleh regulator.

  • Artificial Intelligence & Machine Learning

Saat ini, tim Amar Bank terus mengembangkan AI dan machine learning untuk memberikan layanan yang dipersonalisasi bagi nasabah.

Untuk membangun budaya digital di perusahaan, Amar Bank telah menerapkan gaya kerja hybrid / dari mana saja yang disebut dengan kebijakan ‘Work From Anywhere’ (WFA). Agar dapat terlaksana dengan baik, Amar Bank telah mengimplementasikan beberapa instrumen, antara lain Agile-Scrum Framework; Artificial Intelligence (AI) dalam sistem; mengimplementasikan Application Programming Interface; mengimplementasikan layanan Cloud / Cloud Service; mengimplementasikan Big Data; Pelatihan kompetensi Talent IT; dan memperbaharui peraturan terbaru serta melakukan praktik terbaik untuk sistem yang ada.

Setelah menerima penghargaan TOP CIO (Chief Information Officer) untuk Implementasi Digital, Kevin Kane, Chief Technology Officer (CTO) of Amar Bank berkomentar, “Sesuai dengan lima pilar fundamental dalam Cetak Biru Transformasi Perbankan Digital OJK, Amar Bank percaya bahwa pilar-pilar tersebut akan berdampak pada bank digital ke depannya. Oleh karena itu, Amar Bank memperluas penggunaan teknologi AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan proses back-office. Teknologi dan infrastruktur digital kami memiliki sistem keamanan terstandar sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.”

Diselenggarakan oleh ITWorks Magazine, TOP Digital Awards merupakan ajang penghargaan terbesar di bidang Teknologi Digital (IT & TELCO) di Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan maupun institusi pemerintah yang dinilai terbaik dalam menerapkan dan memanfaatkan TI/Solusi Digital untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanannya.