Marketplus.idMenuju penghujung tahun 2021, PermataBank terus menyelenggarakan berbagai program PermataHati CSR secara daring, berinovasi dan inklusif.

PermataBank meluluskan 150 Duta Menabung yang telah berpartisipasi dalam program PermataBankir Cilik 2021 selama tiga bulan. Program ini diinisiasi untuk menyebarluaskan semangat menabung sejak dini dan edukasi mengenai literasi keuangan, khususnya kepada siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) seluruh Indonesia.

PermataBankir Cilik 2021 telah menjangkau sebanyak 15 Sekolah Dasar yang berlokasi di Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, Bandung, Yogyakarta, dan Malang.

Program PermataBankir Cilik yang telah diselenggarakan sejak 2014, tahun ini turut didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI), dan Bank Indonesia.

Selain itu, pada tahun ini program hadir dengan sebuah inovasi baru yang belum ada dalam pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, yaitu pelatihan khusus bagi para guru pendamping. Kegiatan pelatihan guru ini menjadi sebuah bagian baru dari rangkaian kegiatan PermataBankir Cilik 2021 untuk meningkatkan kualitas terhadap kurikulum sebelumnya.

Pelatihan tersebut diharapkan akan menghadirkan tenaga pendidik yang memiliki kemampuan mengajarkan literasi keuangan kepada anak tingkat SD secara efektif dan menyenangkan, sehingga ada lebih banyak lagi siswa/i SD dan SLB yang merasakan manfaat program PermataBankir Cilik di masa mendatang.

Head of Corporate Affairs PermataBank, Richele Maramis menuturkan, “Tahun ini, sebanyak 150 siswa dari 15 Sekolah Dasar dan Sekolah Luar Biasa (SLB) berpartisipasi dalam program PermataBankir Cilik naik dari jumlah peserta tahun lalu sebanyak 100 siswa dari 10 sekolah. Kami percaya bahwa setiap anak tanpa terkecuali memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan akses yang luas terhadap literasi keuangan. Harapannya, program PermataBankir Cilik tidak hanya mencetak siswa-siswi berprestasi menjadi Duta Menabung, tetapi sekaligus membuka jalan untuk menyiapkan agen perubahan di sekolah-sekolah.”

Sri Wahyuningsih, Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI juga mengatakan, “Kami harap program ini dapat turut membantu terwujudnya cita-cita Indonesia Emas 2045, dimana di dalamnya dibutuhkan generasi Indonesia yang unggul, baik dari aspek pendidikan, kecerdasan finansial, dan teknologi”.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta berprestasi serta para guru pendamping, PermataBank juga mengumumkan sebanyak 10 Duta Menabung terpilih untuk mendapatkan apresiasi sebagai Bintang PermataBankir Cilik 2021, berdasarkan hasil penilaian selama peserta mengikuti program serta Regu Terbaik terpilih berdasarkan rata-rata keseluruhan peserta para siswanya.

10 Duta Menabung terpilih sebagai Bintang PermataBankir Cilik 2021:

  1. Bintang Bankir Cilik: M. Kevin Putra Sundjaya – SDN Pondok Kacang Barat 01, Tangsel
  2. Bintang Menabung: Cesta Lavie Destin – SDN Ungaran 1, Yogyakarta
  3. Bintang Pencerita: Muhammad Adinda Hanif Ibrahim – SDN 257 Pelita, Bandung
  4. Bintang Pendongeng: Ayunda Kirana Putri Hendriyanto – SDN Model, Malang
  5. Peserta Cerpen Favorit: Fadhil Putra Athallah – SDN Pondok Kacang Barat 03, Tangsel
  6. Peserta Pembaca Terbaik: Shaqila Ristari – SDN 081 Kebon Gedang Bandung
  7. Peserta Kuis Tertinggi: Azzam Arya Pratama – SDN Jurangmangu Timur 02, Tangsel
  8. Peserta Partisipasi Teraktif: Gendis Tri Wulandari – SDN Pondok Kacang Timur 04, Tangsel
  9. Peserta Karakter Terdisiplin: Dhia Falah – SDN Pondok Kacang Barat 03, Tangsel
  10. Peserta Semangat Terinspiratif: Rezky Putra Hilmansyah – SLB Pembina, Jakarta

Regu Terbaik terpilih berdasarkan rata-rata keseluruhan para siswanya, yaitu Regu Dollar yang terdiri dari SDN Pondok Kacang Barat 03; SDN Pondok Jurangmangu Timur 02; dan SDN Model Malang.