Marketplus.idYayasan Bara Bakti Nusantara (Bara Foundation), adalah sebuah organisasi yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam menciptakan kemandirian ekonomi melalui usaha mikro.

Di bulan Ramadhan ini Bara Foundation mengadakan beberapa rangkaian kegiatan dengan konsep storytelling yang bertema CERIA (Cerita Gembira) dengan target adalah anak-anak dari pelaku UMKM di Jakarta untuk diberikan pemahaman mengenai pentingnya menabung sejak usia dini.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa anak-anak mendengarkan cerita dengan pokok materi dongeng tentang agama yang diselingi dengan materi tentang cara menabung sejak dini. Kegiatan ini berlangsung di tiga lokasi yaitu Kelurahan Grogol Utara, Kelurahan Bukit Duri, dan Kelurahan Ulujami Jakarta Selatan.

Storytelling adalah sebuah konsep kemampuan pengajar untuk menyampaikan sebuah cerita dengan gaya, intonasi, dan alat bantu yang menarik minat pendengar. Storytelling sering digunakan dalam proses belajar mengajar utamanya pada tingkat pemula atau anak-anak. Teknik ini bermanfaat untuk melatih kemampuan mendengar secara menyenangkan.

Selama pandemi Covid-19 aktivitas pengajaran mayoritas dilakukan dengan sistem daring yang membuat kebanyakan anak-anak tidak merasa nyaman dengan sistem pembelajaran tersebut.

Melihat kondisi keadaan kasus Covid-19 yang cenderung melandai dan mulai diterapkan sistem pembelajaran dengan metode luring maka Bara Foundation turut hadir dalam melakukan kegiatan edukasi sosial mengenai literasi keuangan dengan cara menabung di celengan.

Hal ini di kemas dengan cara dan pokok materi sesederhana mungkin sehingga dapat dicerna dan dipahami oleh anak-anak. Dan juga ditambah materi cerita dongeng tentang agama, agar anak-anak merasa nyaman dan mudah untuk memahami.

Menurut Rafif Muhammad Rizqullah, salah satu founder Bara Foundation mengatakan “Storytelling merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan aspek-aspek afektif (perasaan) dan aspek konitif (penghayatan) anak-anak. Maka penyampaian perihal pentingnya menabung itu harus di kemas dengan semenarik mungkin agar kedepannya anak-anak generasi sekarang dapat termotivasi dan mau belajar untuk menabung demi masa depan mereka”.

Rafif juga menambahkan, “Bahwa harapan kami untuk kedepannya kegiatan storytelling ini akan menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan di sekitar Jakarta, karena kegiatan ini bagian dari strategi Bara Foundation yang peduli terhadap generasi anak di masa depan, agar nantinya anak-anak ini akan tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang mampu mengelola keuangan dengan baik dan output-nya dimasa depan mampu menciptakan lapangan kerja baru, karena salah satu tujuan Bara Foundation didirikan adalah untuk memotivasi semua orang untuk menjadi seorang entrepreneur yang dapat memberi manfaat bagi orang lain”.

StoryTelling ini merupakan salah satu bentuk kontribusi yang diberikan oleh Bara Foundation untuk mewujudkan pemahaman keuangan kepada generasi muda sejak dini. Agenda ini menjadi komitmen yang nyata bagi Bara Foundation dalam bentuk pemberdayaan yang menyentuh masyarakat secara langsung, agar generasi muda dapat menjadi SDM yang memiliki kapabilitas tinggi dan memiliki daya saing tangguh, baik di lingkup nasional atau internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *