16 Juni 2024

Marketplus.id – Pemahaman mengenai keamanan digital membantu berselancar di dunia maya dengan nyaman. Sehingga netizen perlu mewaspadai kejahatan online yang semakin marak terjadi.

Phising dan scam merupakan bentuk kejahatan sering ditemui di dunia digital. Pelaku phising berupaya mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Sebaliknya, pelaku scam menipu melalui telepon, email, messaging, dan lain sebagainya dengan tujuan mendapatkan uang dari para korban.

“Yang perlu diwaspadai modus atau caranya yang terus menerus berkembang dan banyak sekali modusnya, sehingga perlu wawasan, kita harus belajar terus menerus,” ujar Founder-Komisaris Lenere Business Suite, Eko Prasetyo saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Kediri, Jawa Timur, pada Selasa (23/8/2022).

Peretasan akun menjadi paling mendasar dilakukan untuk mendapatkan data-data korban. Kemudian, pelaku melakukan rantai kejahatan selanjutnya. Data-data korban yang didapat bisa digunakan untuk transaksi atau tindakan negatif lainnya.

Bentuk kejahatan lainnya adalah impersonasi. Pelaku berpura-pura sebagai korban yang telah diretas akunnya. Sehingga menimbulkan korban-korban lainnya. “Pastikan keamanan dari gawai dan media digital yang kamu punya, termasuk media sosial dan aplikasi perpesanan dengan menggunakan password kuat dan pastikan mengaktifkan 2FA (Two-Factor Authentication),” ujar Eko.

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Kediri, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Founder-Komisaris Lenere Business Suite, Eko Prasetyo. Kemudian Dosen Ilmu Komunikasi dan Sekretaris PWI Jatimtim, Dr. Cand. Drs.Eko Pamuji, M.I.Kom, serta Direktur Sigma Computer & Cellular, Mochamad Ismanu Roziqi,S.Pd.,M.Kom.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *