Marketplus.id – Pilihan marketplace (lokapasar) semakin beragam di tengah kemajuan teknologi informasi. Sehingga individu perlu memahami kecakapan digital untuk memberikan keamanan dan kenyamanan ketika bertransaksi di lokapasar.

“Kita harus tahu bagaimana kontak costumer service, melakukan proses pengaduan, ingin mengecek status pengiriman barang,” kata Managing Director D&D Consulting dan Founder Assessme.id, Ni Made Sudaryani SSi. MM saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Kediri, Jawa Timur, pada Senin (19/9/2022).

Individu yang cakap digital dinilai mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital, mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital, lokapasar, dan transaksi digital.

Ada beberapa cara mengetahui lokapasar baik. Pertama, lokapasar tersebut harus sudah memiliki banyak member. Artinya banyak orang yang puas dengan pelayanan pengelola.

Kemudian, lokapasar harus memiliki fitur resolusi pelanggan. Fitur ini penting untuk membantu pelanggan menyelesaikan masalah ketika bertransaksi dengan penjual yang tidak bertanggung jawab.

“Lokapasar harus menjadi mediator transaksi. Ada beberapa lokapasar yang tidak menahan transaksi, tapi mereka membuat kita langsung bertransaksi dengan penjual,” kata Sudaryani.

Selain memerhtikan kredibilitas lokapasar, individu juga harus berhati-hati ketika berbelanja. Selalu lihat review dari pembeli sebelumnya mengenai penjual. Reviewnya pun tidak cukup 10, tapi harus banyak. Itu artinya tidak mungkin dimanipulasi.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Kediri, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Managing Director D&D Consulting dan Founder Assessme.id, Ni Made Sudaryani SSi. MM. Kemudian Anggota RTIK Surabaya, Beritahu.co, Ika Chairani, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL) dan Public Figure, Fanny Fabriana.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *