13 Juli 2024

Marketplus.id – Di setiap perubahan ada proses transisi masyarakat menerima dan mengadopsi. Seperti halnya digitalisasi yang semula sulit namun lama-kelamaan justru membuat masyarakat terbiasa karena proses adaptasi selama pandemi.

Managing Director Kaizen Room, Aidil Wicaksono mengatakan, ada banyak hal kemudian bertransisi, namun dapat dibayangkan jika hanya bertahan seperti di era yang itu-itu saja dan budaya tidak bertumbuh. Sementara realitas yang ada, perubahan akan terus terjadi karena satu yang pasti adalah ketidakpastian itu sendiri.

“Berbicara teknologi kita akhirnya terbiasa dengan teknologi yang mempermudah aktivitas kita. Bahkan dari pembelian kita juga sudah terbiasa tidak bawa uang cash jadi bisa di scan aja,” kata Aidil saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (23/9/2022).

Bahkan dalam proses belajar masyarakat juga sudah makin menyadari bahwa dapat dilakukan melalui berbagai platform seperti video rekaman, bahkan audio yang dibuat. Sementara untuk orang-orang bekerja saat ini juga memiliki budaya yang baru dengan penerapan Work From Home (WFH) dan Work From Anywhere (WFA). Sekarang hal tersebut memungkinkan bahkan sudah diberi istilah sebagai digital nomad. Di mana kondisi yang memang berpindah, ada di tempat jauh namun bisa menyelesaikan pekerjaan.

Pun dalam hal belajar, bekerja dan belanja masyarakat kini harus bisa cepat beradaptasi dengan perubahan. Mulai dari cara berinteraksi, cara mencapai sesuatu, cara belajar, bekerja dan berpikir. Sehingga adanya digitalisasi, sebenarnya bukanlah suatu pilihan namun kondisi yang dihadapi saat ini. Masyarakat tidak bisa mundur ke belakang kemudian menolak apa yang sudah terjadi.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Managing Director Kaizen Room, Aidil Wicaksono dan Dosen Stikosa AWS, E. Rizky Wulandari, serta serta mengundang Key Opinion Leader (KOL), Founder ParenThink, Mona Ratuliu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *