Marketplus.id – Penyebaran berita bohong atau hoax masih marak terjadi di tengah masifnya kemajuan teknologi informasi. Karena itu, setiap individu cakap digital harus menjadi pengedukasi masyarakat agar lebih waspada.

“Jadi harus kita ingatkan, karena bagaimana pun kita harus menjadi abasador mengedukasi masyarakat agar mereka aware jangan sampai menjadi pelaku penyebaran informasi tidak benar atau hoax,” kata Managing Director D&D Consulting dan Founder Assessme.id, Ni Made Sudaryani SSi. MM saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (3/10/2022).

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Ketika mengingatkan seseorang, lanjut dia, tetap harus memperhatikan etika dan netiket atau tatak krama berinternet. Sehingga individu tidak boleh terlihat sok tahu, menggurui, dan menyalahkan. Kemudian, gunakanlah perkataan halus dan tepat, tidak menyakiti perasaan yang posting.

“cantumkan sumber informasi benar. Sehingga tidak menimbulkan polemik atau perdebatan tidak berujung. Kalau kita sampaikan berita yang real dari mana, sumber berita yang benar, maka orang-orang akan tahu sebetulnya informasi yang dipost salah,” kata Sudaryani.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Managing Director D&D Consulting dan Founder Assessme.id, Ni Made Sudaryani SSi. MM. Kemudian Dosen Fikom Universitas Dr Soetomo dan Creative Project Dignity Picture, Citra Rani Angga Riswari, S.Sos, M.Med.Kom, serta mengundang Jawara Internet Sehat & RTIK, Ulil Albab.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *