Marketplus.id – Sebagian besar aktivitas masyarakat telah pindah ke ruang digital, hal itu bisa dilihat dari jumlah pengguna internet yang kini mencapai 73,7 persen dari total populasi penduduk. Berbagai tantangan muncul di era serba digital yang membawa perubahan signifikan pada sistem sosial di masyarakat.

Masyarakat sendiri memiliki hak digital yang dijamin konstitusi, seperti hak untuk mengakses internet, hak untuk berekspresi, dan hak untuk merasa aman seperti privasi saat berinternet. “Ketika hak-hak digital kita dipahami maka merawat demokrasi melalui digital sangat memungkinkan,” ujar Dosen Universitas Islam Jember dan Praktisi Digital Parenting, Ismaili saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada Senin (3/10/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk merawat demokrasi masyarakat digital dapat mengekspresikan pendapat dan saran dengan cara yang santun serta menambahkan fakta pendukung. Warganet tetap bisa menciptakan konten kritis konstruktif yang dilandasi argumen kuat.

Sementara itu ketika literasi digital sudah lebih baik lagi, maka ruang digital pun akan lebih kondusif saat masyarakat menghadapi Pemilu 2024. Masyarakat bisa menghentikan konten negatif, membedakan mana berita dan hoaks, serta semakin meminimalisir sikap intoleransi.

Sebaliknya saat ingin berpendapat warga digital dapat menyampaikannya dengan penuh tanggung jawab dan berpikir ulang sebelum mengomentari dan mengunggah suatu konten. Dengan prinsip ini, ujaran kebencian, hoaks hingga produksi konten SARA akan makin berkurang di ranah digital.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Founder & CEO Coffee Meets Stock, Theo Derick, Dosen Universitas Islam Jember dan Praktisi Digital Parenting, Ismaili dan Digital Marketer Enthusiast, Victor Wahanggara. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *