Marketplus.id – Transaksi online memberikan kemudahan kepada penjual maupun pembeli seperti bisa menghemat waktu, uang dan tenaga. Penjual tidak memerlukan ruang toko, transaksi bisa dilakukan kapan saja dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Sementara untuk pembeli, dengan sistem online maka pilihan produk pun lengkap dan beragam, bahkan bisa mendapatkan diskon.

“Kalau dulu mau beli barang harus pergi dari toko ke toko tapi sekarang tinggal online,” ujar Kaprodi Ilmu Komunikasi Universitas dr. Soetomo, Cand Zulaikha saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Kamis (6/10/2022).

Lebih jauh ia mengatakan, pembeli juga bisa memilih lokasi toko terdekat dengan biaya pengiriman gratis, murah dan cepat sampai tujuan. Selain itu bagi penjual cakupan pengiriman barang semakin luas akan menambah minat pembeli.

Bukan hanya itu, dengan sistem yang ada di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, biasanya penyedia layanan payment gateaway yaitu sistem pembayaran yang sesuai preferensi konsumen. Sehingga transaksi bisa dilakukan melalui e-wallet, virtual account, transfer bank, kartu kredit, kartu debit, hingga gerai retail.

Namun dengan segala kemudahannya, pengguna media digital tetap disarankan untuk tetap berhati-hati agar tidak mengalami kekeliruan saat bertransaksi online di loka pasar. Pengguna harus teliti dalam memilih barang yang akan dibeli, membaca deskripsi dan ulasan pembeli sebelumnya, kemudian biasanya penyedia layanan menyediakan kupon diskon, teliti kembali syarat penggunaannya agar tidak terkecoh.

Pada halaman check out pastikan juga alamat pengiriman barang, pemilihan jasa kirim sudah benar. Jangan lupa pilih metode pembayaran yang diinginkan, apabila konfirmasi pembayaran sudah diterima selanjutnya akan ada notifikasi dan konfirmasi dari penjual bahwa barang sedang dalam pengiriman. Jangan lupa membantu pembeli lainnya dengan menuliskan ulasan transaksi untuk penjual.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Founder, Komisaris Lenere Business Suites, Eko Prasetyo, Kaprodi Ilmu Komunikasi Universitas dr. Soetomo, Cand Zulaikha, Jawara Internet Sehat, Ulil Albab. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *