Marketplus.id – Media sosial menjadi tempat untuk mencari hiburan, menambah teman, tempat belajar dan beropini serta media berkarya. Bahkan kini melalui medias sosial seseorang dapat produktif menghasilkan uang dengan membuat konten.

“Dulu media sosial justru menghambat produktifitas, coba sekarang perspektifnya kita ganti gimana media sosial jadi satu alat yang bisa buat kita lehih produktif dan juga menghasilkan,” ujar Enterpreneur dan Founder of Coffee Meets Stock Billy Tanhadi, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur pada Jumat (7/10/2022).

Hal tersebut sudah dibuktikan dengan berbagai profesi di media sosial seperti blogger, influencer, YouTuber. Namun ternyata bukan itu saja, masih ada jenis pekerjaan lahir berkat digitalisasi seperti sarana untuk bisnis online dan konsultan media sosial yang mengelola media sosial suatu perusahaan bahkan public figure.

Bahkan Billy yang juga akhirnya memiliki agensi untuk mengelola media sosial merambah jasa ini hingga ke TikTok dan YouTube serta membuatkan website bagi pihak yang membutuhkan. Di mana tugasnya bukan hanya membuat unggahan, tapi juga memunculkan traffic pada media sosial dan membangun personal branding pemiliknya.

Billy mengajak agar bisa memanfaatkan media sosial untuk lebih produktif, namun menurutnya jika belum memiliki skill mumpuni maka bisa mencoba dengan berani memulainya. “Keahlian muncul ketika sering melakukan sesuatu secara berulang,” katanya lagi.

Ia pun memberikan kiat langkah-langkah kecil saat memulai seperti memilih jenis media yang paling mudah, memilih konten yang paling disukai, menggunakan teknik ATM yaitu amati, tiru dan modifikasi. Kemudian mencoba desain unggahan melalui aplikasi Canva dan setiap orang bisa belajar sendiri dari Google dan YouTube.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Nganjuk, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Enterpreneur dan Founder of Coffee Meets Stock Billy Tanhadi, Dekan IAI Dalwa dan Ketua Umum Relawan TIK Jawa Timur, Novianto Puji serta Relawan TIK Tulungagung, Subaweh. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *