Marketplus.id – Di era transformasi digital, pengguna internet mencakup seluruh dunia dengan Indonesia sudah mencapai 204,7 juta yang terhubung atau setara 73,7 persen dari total populasi penduduk. Akan tetapi sayangnya jumlah tersebut belum diimbangi dengan indeks kecakapan digital masyarakatnya.

Dalam hal cakap bermedia digital, individu harus mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras maupun lunak, mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan, dan media sosial serta aplikasi dompet digital, lokapasar dan transaksi digital.

“Selain kita menggunakan media digital untuk berkomunikasi, kita bisa menyimpan uang, berbelanja, transaksi. Tapi teman-teman harus tahu dulu cara menggunakan itu semua, fitur-fiturnya apa saja,” sebut Wakil Sekretaris Himpunan Pengusaha Nahdiyin (HPN) Kota Kediri, Andri Hadi Prasetya saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Jumat (14/10/2022).

Dalam hal bertransaksi di lokapasar atau marketplace, pengguna harus mengetahui langkah-langkah mendasar seperti membuat akun terlebih dulu, memasukkan alamat email dan nomor telepon. Kemudian temukan produk yang diinginkan dengan menjelajahi berbagai kategori dan sub kategori menggunakan fitur pencarian.

Selanjutnya, pilih produk yang diinginkan dari hasil pencarian. Jika ingin membuat penawaran dengan penjual kebanyakan lokapasar menyediakan fitur chat untuk memudahkan pembeli berkomunikasi langsung. Di fitur tersebut pembeli bisa coba melakukan tawar-menawar.

Setelah klik ikon keranjang, pembeli harus menentukan pilihan terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses tersebut. Apabila Anda memiliki voucher dan bonus-bonus lainnya untuk mengurangi total belanja kemudian lakukan check out. Pada halaman check out, pastikan alamat pengiriman sudah benar, lalu pilih jasa kirim.

Setelah itu untuk melanjutkan transaksi pilih metode pembayaran yang diinginkan. Apabila pembayaran sudah dilakukan pembeli akan mendapatkan konfirmasi dari lokapasar secara langsung. Beberapa lokapasar biasanya menyediakan fitur hubungi jika pembeli masih ada pertanyaan.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Seorang Dosen dan Anggota Pandu Digital, Aidil Wicaksono, Jawara Internet Sehat 2022, Rinta Yusna dan Wakil Sekretaris Himpunan Pengusaha Nahdiyin (HPN) Kota Kediri, Andri Hadi Prasetya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *