25 Juni 2024

Marketplus.id – Pandemi telah mengubah kebiasaan masyarakat seolah-olah terpental ke era digital. Semua orang dipaksa untuk beradaptasi dan memiliki kecakapan digital.

Indonesia memiliki keuntungan yang sangat besar karena merupakan negara dengan digital ekonomi terbesar di Asean. Dari jumlah penduduk Indonesia sebesar 277 juta menurut data kependudukan tahun 2022, empat terbesar di dunia yang menjadi kekuatan di mana dari sisi transaksi ada 41 triliun menurut data survei Bank Indonesia di awal 2022.

“Apalagi ada bonus demografi, usia produktif sangat banyak kurang lebih 60 hingga 70 persen. Jumlah pengguna internet ada 204,7 juta menurut survei We Are Social dan sebanyak 191 juta aktif di media sosial,” ujar Relawan TIK Indonesia, Muh Nurfajar Muharom saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (15/10/2022).

Aktivitas digital di dunia saat ini sangatlah beragam, mulai dari ekonomi, dunia pendidikan, pemerintahan hingga smart appliance. Data dari Institure for Future Insight mengatakan di masa depan ada sekitar 33 jenis pekerjaan baru, yang semuanya membutuhkan kecakapan digital deperti digital architec, avatar manager, data hostage specialist.

Menariknya tren digital membuka peluang dan kesempatan yang sangat luas, dengan keberadaan media digital semua orang bisa belajar hal yang sama tak terbatas. Akan tetap diramalkan dengan teknologi yang begitu cepat, kecakapan digital saat ini diramalkan hanya akan bertahan 5 tahun karena terus ada pemutakhiran.

Dalam aplikasi pembelajaran pengguna media digital saat ini bisa menggunakan aplikasi yang membantu menjawab soal seperti Robo Guru, Pahamfy, Photomath dan Brainly. Pelajar yang tidak mendapatkan support system seperti dalam bertanya ke orangtua, maka berbagai platform bisa menjawab kebutuhan itu.

“Bahkan ada aplikasi Study Pal yang ketika menjawab soal di dalamnya pelajar bisa mendapatkan uang,” sebutnya lagi.

Saat ini ada banyak juga platform yang mengakomodir pembelajaran interaktif maka bisa menggunakan aplikasi Miro, Padlet, Poplet, bahkan ada Minecraft jika ingin belajar sekaligus bermain. Pembelajaran interaktif lainnya yang disediakan yaitu dari Google for Education beserta fitur canggih lainnya.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Founder Jawaradigital.id dan Relawan TIK Indonesia, Muh Nurfajar Muharom, Guru SMK Yapalis Moch. Sofi Asrifin serta Relawan Mafindo Surabaya, Diana Aziz. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *