Marketplus.id – Jumlah aplikasi terus bertambah seiring masifnya perkembangan teknologi informasi. Setiap individu harus berhati-hati dalam memberi akses setelah melakukan penginstalan. Jangan sampai data pribadi disalahgunakan atau bahkan disebarluaskan.

“Kita tidak tahu aplikasi-aplikasi ini bekerja sama dengan siapa. Kalau instal aplikasi biasanya ada minta akses foto, kamera. Hati-hati dengan hal tersebut, karena itu yang membuat handphone kita disusupi oleh orang-orang tidak bertanggung jawab,” kata CEO Satmaka Raharja, M Ilham Faris MM., MH saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada Selasa (18/10/2022).

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Sekarang ini masyarakat kerap abai dengan keamanan data pribadi. Banyak netizen menyebarluaskan data pribadi di ruang digital, dengan mengunggah foto KTP pada sosial media. JIka terjadi penyebaran data pribadi, menurut Ilham, invidiu dapat melaporkan pihak platform media sosial, sehingga konten tersebut akan diproses  atau dihapus.

Kemudian, kalau data pribadi individu kita diunggah orang lain di media sosial. Segera kirim pesan pribadi ke orang tersebut dan minta dihapus. “Kalau memang tidak bisa, orang itu tidak menanggapi, tapi aktif di sosia media. Kita bisa menuntut secara hukum, karena itu adalah pidana. Itu memudahkan sekali bagi,” kata Ilham.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning dan UMKM Investor, Andry Hamida. Kemudian CEO Satmaka Raharja, M Ilham Faris MM., MH, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL) dan Public Figure, Fanny Fabriana.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *