Marketplus.id – Masifnya kemajuan teknologi informasi turut membantu perkembangan bisnis. Hadirnya beragam media sosial membuat individu dapat melakukan promosi lebih luas. Meski demiki, bukan berarti semua pengusaha konvensional harus beralih ke online.

CEO dan Founder of Coffee Meets Stocks, Theo Derick mengatakan, pandemi Covid-19 menuntut pengusaha konvensional bisa menjual produknya secara online. Alhasil, mereka yang mampu beralih mendapat keuntungan signifikan.

Sekarang sudah memasuki endemi. Yang kemarin online-nya melejit, mulai drop. Maka yang tadinya online doang, dipaksa activation of life,” kata Theo saat Webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu (19/10/2022).

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Sekarang ini, lanjut dia, setiap pengusaha harus menyiapkan strategi untuk keduanya. Sebab, ke depannya offline dan online activation harus berjalan bersamaan. “Jadi bukan offline ke online atau online ke offline, tidak bisa. Harus keduanya. Market indonesia sendiri offline-nya masih besar,” kata Theo.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Surabaya, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain CEO dan Founder of Coffee Meets Stocks, Theo Derick. Kemudian Kaprodi Ilmu Komunikasi Fikom Universitas Dr Soetomo, Dr. Cand. Zulaikha Msi, serta mengundang Dosen Politeknik Negeri Jember dan RTIK Jember, Muhammad Yunus, M.Kom.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *