Marketplus.id – Media sosial sekrang ini kerap dimanfaatkan sebagai tempat promosi jualan barang ataupun jasa. Alhasil, individu yang sudah memiliki banyak teman atau follower tentu diuntungkan.

“Harus diakui punya follower banyak punya privilage lebih, artinya jangkauannya lebih luas. Itu tidak bisa kita pungkiri,” kata Digital Marketer, Lim Sau Liang saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timu, pada Rabu (19/10/2022).

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Afiliator menjadi salah satu pekerjaan ramai diperbicangkan belum lama. Banyak afiliator mempromosikan jasanya melalui media sosial. Bagi yang baru memulai, menurut Lim, bisa menambah jumlah pertemanan atau membangun networking melalui pembuatan konten di YouTube, Instagram, atau mulai belajar menulis Blog.

“Tidak ada cara instan, segala sesuatu butuh proses. Memang kalau tidak punya teman banyak, perjuangannya jauh lebih panjang dibanding yang sudah punya teman banyak. Kemudahan teknologi buat kita menghasilkan. Kita tidak bisa tidak melakukan apa-apa. Harus ada effort yang harus kita keluarkan juga,” kata Lim.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Digital Marketer, Lim Sau Liang. Kemudian Kaprodi Teknik Geomatika Unitomo, Yunus Susilo, ST, MT, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL) dan Presenter, Indy Barends.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *