Marketplus.id – Budaya harus dibangun. Karena itu, orangtua tidak cukup menyampaikan sekali agar anak-anak mampu menerapkan budaya bermedia digital. Mereka harus mampu memberikan contoh dalam kegiatan sehari-hari di rumah.

“Misal ingin anak ramah, kita bangun budaya ramah tamah di rumah. Saling menyapa, ngomong baik-baik, bagaimana cara berkomunikasi positif,” kata Key Opinion Leader (KOL), Public Figure, dan Penulis Buku Parenthink, Mona Ratuliu saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Rabu (26/10/2022).

Anak-anak tidak bisa belajar hanya dari satu momen sehari. Dengan terbangunnya budaya baik sejak rumah, anak-anak diharapkan bisa menerapkannya di segala tempat, mulai dari sekolah hingga ruang digital.

“Kita perlu satu visi dengan sekolah. Jadi budaya apa yang didapat di sekolah, itu juga yang ditemui di rumah. Sehingga terbangun kebiasaannya untuk ramah tamah, menjaga etika. Kemudian kita kasih tahu etika yang dilakukan setiap hari di rumah, itu juga yang dilakukan di dunia digital,” kata Mona.

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Anggota Mafindo Mojokerto, Puradian Wiryadigda M.A. Kemudian Wakil Koordinator Mafindo Wilayah Jombang, Anik Nur Qomariyah, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL), Public Figure, dan Penulis Buku Parenthink, Mona Ratuliu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *