Marketplus.id – Setiap individu berlomba membuat konten kreatif di media sosial. Tidak semua konten kreatif mendapat komentar positif, sehingga invidiu harus dapat meresponsnya dengan baik.

“Jangan sampai kreativitas kita hilang atau luntur karena ada komentar-komentar yang setidaknya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Bahwa segala sesuatu yang kreatif dan menarik itu tergantung selera,” kata Key Opinion Leader (KOL) dan Public Figure, Fanny Fabriana saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, pada Kamis (27/10/2022).

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Ketika berkonten, lanjut dia, individu cukup fokus menampilkan sesuatu menarik dan bermanfaat. Sebab, konten kreatif itu beragam jenisnya.

“Kreatif itu macam-macam. Misal konten tersebut dilihat menghibur, ada juga kreatif yang ternyata editannya keren, dan lain sebagainya. Kalau kita ingin bikin konten kreatif, kita harus tahu dulu apa yang ingin kita buat dan sampaikan. Sehingga bisa tahu ingin dikemas seperti apa,” kata Fanny.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Founder – Komisaris Lenere Business Suite, Eko Prasetyo. Kemudian Pengurus Pusat Relawan TIK Indonesia dan Tim Komunikasi Publik KPCPEN, Bahruddin, S.Sosi, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL) dan Public Figure, Fanny Fabriana.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *