Marketplus.id – Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi menunjukkan perhatiannya dalam mendorong peningkatan kapabilitas pelaku UMKM asal Kabupaten Manggarai Barat.

Kali ini, IFG mendukung program Kementerian BUMN, bersinergi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menghadirkan Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN. Operasi pasar murah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 yang saat ini tengah dilaksanakan di Labuan Bajo.

Rangkaian kegiatan ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN, Erick Thohir, dengan visi untuk membantu mendorong percepatan pengentasan tingkat kemiskinan di Kabupaten Manggarai Barat. Diketahui, saat ini Kementerian BUMN memiliki target menurunkan jumlah penduduk miskin hingga 1% per tahun. Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Manggarai Barat selama lima tahun terakhir masih dalam kisaran angka sekitar 49 ribu orang. Secara persentase jumlah ini mengalami penurunan sebesar 1,64 dari tahun 2016 sebesar 19, 35 persen, menjadi 17,71 persen pada tahun 2020.

Direktur SDM IFG yang membawahi fungsi TJSL, Rizal Ariansyah mengatakan, mengungkapkan, “Sebagai salah satu holding BUMN, kami mendukung sepenuhnya visi Kementerian BUMN untuk percepatan pengentasan tingkat kemiskinan di Kabupaten Manggarai Barat. IFG memahami bahwa sebagai holding BUMN, kami turut memiliki peran sebagai perpanjangan tangan negara dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. Dengan mengoptimalkan sinergi antara Kementerian BUMN, IFG, BRI, PNM, dan yayasan BUMN, kami berharap dengan adanya rangkaian kegiatan Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM, dapat turut membangun perekonomian masyarakat Kabupaten Manggarai Barat.”

Pasar Rakyat BUMN dan Pameran UMKM di Halaman Kantor Bupati Manggarai Barat ini turut menghadirkan 50 UMKM yang berasal dari Kabupaten Manggarai Barat. Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 4.000 voucher sembako disiapkan untuk masyarakat dengan rincian 3.000 voucher dari Bulog dan 1.000 voucher dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Voucher yang dibeli dengan harga Rp55 ribu itu akan ditukar dengan 5 kg beras, 1 kg gula pasir, dan 1 liter minyak goreng.

Turut hadir dalam kunjungan kerja ke Pasar Rakyat BUMN di Manggarai Barat, Staf Khusus BUMN Arya Sinulingga menyempatkan diri berdialog bersama 50 UMKM asli Kabupaten Manggarai Barat yang bergerak di berbagai bidang usaha mulai makanan hingga produk fashion.

Dalam dialog UMKM yang dilakukan tersebut, Arya mendorong peningkatan kapabilitas pelaku UMKM asal Kabupaten Manggarai Barat melalui berbagai pelatihan yang akan diberikan melalui Rumah BUMN.

Program peningkatan kemampuan usaha akan diberikan kepada pelaku UMKM berupa pelatihan pemasaran hingga optimalisasi di bidang operasional UMKM.

Sebagaimana diketahui, IFG Labuan Bajo Marathon 2022 telah digelar pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022. Lebih dari 1.200 peserta akan berlomba di kategori Marathon (42K), Half Marathon (21K), 10K, 5K, serta lomba kelompok Ekiden (estafet 5K) dan Kids Dash 100M. Tidak hanya event olahraga, rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 juga termasuk pemberdayaan UMKM, TJSL, dan operasi pasar rakyat serta Bazaar UMKM yang dilakukan IFG.

Ajang marathon ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, “Seperti kita ketahui bersama, dua tahun terakhir, semua sektor terdampak pandemi, termasuk pariwisata, sehingga gerak roda ekonomi melambat. Ini menjadi momentum untuk kembali menggairahkan pariwisata dan perekonomian di Labuan Bajo,” ungkapnya.

Menanggapi dukungan tersebut, Direktur SDM IFG Rizal Ariansyah mengatakan, “Kami berterimakasih atas dukungan penuh dari Kementerian BUMN serta sinergi yang baik dari seluruh mitra-mitra BUMN, sehingga, rangkaian IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dapat terselenggara dengan baik. Tidak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forpimda), tokoh masyarakat, para komunitas, pegiat lingkungan, pelaku usaha dan UMKM serta para pihak yang terlibat. Kami berharap dengan adanya rangkaian event ini mampu mencapai misi kita bersama untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Manggarai Barat, serta meningkatkan perekonomian warga Manggarai Barat secara berkelanjutan,” tutup Rizal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *