15 Juni 2024

Marketplus.id – Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney bersama para stakeholders saat ini terus mematangkan persiapan penyelenggaraan KOPIKO F1Powerboat pada tanggal 25-26 Februari 2023 di Danau Toba mendatang.

Persiapan yang matang ini merupakan upaya yang penting untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan KOPIKO F1Powerboat seri Indonesia.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengungkapkan sebagai penyelenggara, InJourney terus meningkatkan koordinasi dengan pihak-pihak di lapangan menjelang penyelenggaraan KOPIKO F1Powerboat. Berbagai persiapan yang terus ditingkatkan meliputi penjualan tiket, antisipasi cuaca, medis, akomodasi, dan juga side event. Khusus terkait penjualan tiket, Maya menjelaskan InJourney sangat mengapresiasi tingginya animo masyarakat yang telah membeli tiket pada tanggal 7 Februari 2023.

“Selanjutnya, kami juga akan kembali membuka penjualan tiket pada tanggal 15 Februari 2023 untuk spot menonton yang berlokasi di Bukit Pahoda dengan viewnya yang sangat indah. Tiket ini dapat dibeli secara offline di Balige dengan harga Rp 50 ribu,” jelas Maya.

Ia juga menambahkan, berdasarkan data penjualan tiket secara online yang sudah sold-out pada tanggal 7 Februari 2023, tiket paling banyak dibeli oleh wisatawan yang berasal dari Jabodetabek dan juga Pulau Sumatera. Diharapkan dengan pembukaan penjualan tiket di tanggal 15 Februari ini, semakin banyak wisatawan yang dapat memperoleh tiket menonton KOPIKO F1Powerboat dan meramaikan event sport tourism ini.

Lebih lanjut, InJourney juga memastikan akan ada penambahan jumlah penerbangan menuju Bandara Internasional Sisingamangaraja XII dan Juga Bandara Internasional Kualanamu pada tanggal 21-22 Februari 2023. Dengan demikian, para wisatawan dapat dengan mudah mengakses Danau Toba tanpa perlu kesulitan mendapatkan penerbangan.

Terkait dengan teknis penyelenggaraan balapan, InJourney telah melakukan berbagai antisipasi dan juga persiapan lainnya berdasarkan pertemuan dengan pihak H2O Racing Management ketika melakukan homologasi Sirkuit di Danau Toba.

“Bekerjasama dengan BMKG, kita telah memperhitungkan pergerakan cuaca pada tanggal 25 – 26 Februari nanti dan balapan akan tetap berlangsung sesuai jadwal yaitu jam tiga sore. Pemilihan waktu balapan jam tiga sore juga telah memperhitungkan potensi pergerakan cuaca di Danau Toba,” papar Maya.

InJourney juga telah mempersiapkan lokasi evakuasi medis yang berada di Pelabuhan Napitupulu. Areal evakuasi medis juga dilengkapi medical center dan juga chief medical officer. Jarak areal evakuasi medis juga dekat dengan lokasi penyelenggaraan balapan di Pelabuhan Sisingamangaraja sehingga memudahkan penanganan apabila terjadi insiden.

Animo masyarakat yang tinggi untuk menonton KOPIKO F1Powerboat secara langsung juga menjadi tantangan tersendiri bagi Injourney. “Hingga saat ini banyak akomodasi yang sudah sold-out. Bahkan ada lokasi glamping yang baru didirikan dan ini juga sudah sold-out,” tambah Maya.

Untuk menampung tingginya animo wisatawan, InJourney bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengkurasi kafe dan restoran di sepanjang Danau Toba untuk menyelenggarakan nonton bareng. Titik-titik nonton bareng ini akan menampung sekitar 5 ribu penonton.

Selain itu, terdapat juga berbagai acara hiburan yang telah disiapkan InJourney bagi para wisatawan yang akan diselenggarakan pada tanggal 25-26 Februari 2023 dengan mengundang artis-artis nasional seperti Judika, Lea Simanjuntak, Vicky Sianipar, dan Ghea Youbi. Wisatawan juga akan dimanjakan dengan atraksi water sports di Danau Toba sebagai rangkaian acara hiburan KOPIKO F1Powerboat.

“Untuk opening ceremony kami melibatkan komunitas seni dan anak-anak sekolah di sekitar Balige,” tukas Maya.

InJourney menjelaskan pihaknya siap menyambut kedatangan para kru dan pembalap yang akan bertanding di  ajang balap internasional F1Powerboat. Saat ini, boat yang akan digunakan telah sampai di race venue.

“Para kru akan datang pada tanggal 18-19 Februari dan racer akan datang pada tanggal 20 Februari dan mulai berlatih di Danau Toba pada tanggal 24 Februari,” ungkap Maya.

Mengingat pentingnya gelaran KOPIKO F1Powerboat seri Indonesia di Danau Toba, dukungan masyarakat terhadap kesuksesan event ini menjadi sangat penting. Kolaborasi bersama pemerintah, berbagai perusahaan BUMN, pihak swasta, dan UMKM terus digalakkan. Untuk mensukseskan acara ini berbagai perusahaan menjadi sponsor, diantaranya PT Mayora Indah, PT Parna Raya, Wilmar, Astra Agro, Sinarmas, Musim Mas, Asosiasi Semen Indonesia, PT Panca Surya Agrindo, First Resource, Grab Indonesia, Bank Syariah Indonesia, Pelindo, IFG, Jasa Marga, PT Pupuk Indonesia (Persero), Bank Tabungan Negara (BTN), Inalum, Telkom, Telkomsel, Pertamina, dan PLN.

PT Mayora Indah Tbk melalui brand KOPIKO menjadi sponsor utama F1Powerboat series Indonesia ini. Maya menjelaskan, dipilihnya KOPIKO sebagai sponsor utama F1Powerboat merupakan manifestasi atas rasa bangga dan apresiasi terhadap produk Indonesia yang telah mendunia. Untuk ajang internasional seperti ini, tentunya InJourney harus menggandeng produk lokal kebanggan Indonesia yang telah diakui dunia dan tersebar di lebih dari 100 negara. Kehadirannya sebagai sponsor utama dapat membawa semangat dan energi dalam perhelatan akbar yang akan segera berlangsung.

Suksesnya kejuaraan KOPIKO F1Powerboat Danau Toba akan memberikan dampak ekonomi yang sangat besar terhadap masyarakat di sekitar lokasi penyelenggaraan dan juga pertumbuhan ekonomi nasional. “Kami berkomitmen untuk memberikan service yang terbaik bagi para wisatawan. Kami mohon dukungan seluruh pihak dan juga masyarakat agar KOPIKO F1Powerboat ini dapat berjalan dengan baik dan sukses. Kami juga berterima kasih atas kolaborasi erat yang sudah terjalin bersama para pemangku kepentingan selama persiapan event ini yang sangat luar biasa,” tutup Maya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *