13 Juli 2024

Marketplus.id – Yayasan WINGS Peduli meresmikan sejumlah Bank Sampah di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur untuk mendukung pengelolaan sampah lokal dengan manfaat ekonomi bagi warga sekitar.

Setelah peresmian, Yayasan WINGS Peduli melakukan Aksi Bersih Sungai Cakung untuk mengurangi risiko banjir sekaligus program untuk memperingati Hari Air. Rangkaian kegiatan ini diselenggarakan melalui kolaborasi sinergis antara Yayasan WINGS Peduli dengan Unit Penanganan Sampah (UPS) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jakarta dan salah satu organisasi pengelolaan sampah, Rekosistem.

Muhammad Akbar Syariati, selaku Perwakilan Kepala UPS Badan Air, Dinas Lingkungan Hidup Prov DKI Jakarta menyampaikan apresiasinya terhadap Yayasan WINGS Peduli yang telah mendukung Jakarta menjadi wilayah berkelanjutan dan layak huni.

“Terima kasih untuk Yayasan WINGS Peduli sebagai salah satu pemangku kepentingan kami yang telah mendukung pemerintah mengimplementasikan Peraturan Gubernur 33/2021 mengenai Bank Sampah. Harapannya melalui kolaborasi berbagai pihak ini, target pengurangan 30% sampah di Jakarta tahun 2025 dapat terwujud dengan baik,” ungkap Akbar Syariati.

Sheila Kansil, Perwakilan Yayasan WINGS Peduli menyampaikan, “Peresmian Bank Sampah dan Aksi Bersih Sungai yang kami selenggarakan hari ini merupakan lanjutan dari rangkaian aksi peduli lingkungan, khususnya di wilayah Cakung, Jakarta Timur. Program ini terdiri dari kegiatan penyediaan sarana dan prasarana, edukasi dan sosialisasi berkala, hingga social campaign, agar dapat menjadi gerakan berkelanjutan bagi lingkungan”.

Yayasan WINGS Peduli meresmikan Bank Sampah di lima RW yang terletak di kecamatan Cakung, Jakarta Timur, di antaranya RW 1, 5, 7, 8, dan 9. Setelah itu, bersama Rekosistem dan UPS Badan Air DLH Jakarta, Yayasan WINGS Peduli mengedukasi dan memberikan sosialisasi kegiatan pemilahan sampah sebagai bagian dari kampanye #PilahdariSekarang serta cara menangani sampah sesuai kategori. Sampah yang terkumpul nantinya akan didaur-ulang dan dikonversi menjadi uang, salah satunya oleh Rekosistem. Program Bank Sampah ini merupakan lanjutan dari penyediaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang telah Yayasan WINGS Peduli berikan sebelumnya, di wilayah yang sama.

Aksi Bersih Sungai  Memperingati Hari Air

Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada 22 Maret 2023, Yayasan WINGS Peduli juga melakukan Aksi Bersih Sungai Cakung dengan melibatkan puluhan orang yang terdiri dari warga RW 5 Kecamatan Cakung dan staf WINGS Group. Aksi Bersih Sungai ini dilakukan secara bertahap.

Diawali dengan mengutip sampah non-organik yang mengapung di permukaan, sembari dipilah berdasarkan kategorinya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban sampah yang berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Selanjutnya, sampah yang telah menumpuk dan tercampur dikeruk untuk melancarkan aliran sungai.

Sheila Kansil menambahkan, “Aksi Bersih Sungai ini merupakan kegiatan rutin yang telah Yayasan WINGS Peduli lakukan untuk mengoptimalkan fungsi air serta meningkatkan kesadaran masyarakat yang juga menjadi konsumen kami, untuk menghargai dan memelihara air di sekitar mereka.”

Yayasan WINGS Peduli akan terus melakukan kegiatan pengelolaan sampah melalui kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat, pemerintah daerah, dan environment community, sebagai komitmennya untuk pilar Lingkungan. Upaya ini sejalan dengan filosofi perusahaan yang meyakini bahwa the good things in life should be accessible for all.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *