13 Juli 2024

Marketplus.idDidirikan pada 2019, ArtMoments adalah bursa seni mapan di Indonesia yang diprakarsai dan diselenggarakan oleh dua pemangku seni terkemuka, almarhum Leo Silitonga dan Sendy Widjaja. ArtMoments telah memberikan dampak yang luar biasa terhadap industri seni di Indonesia.

Pada 2020, di tengah pandemi yang mendera dunia, ArtMoments sukses menggelar bursa seni secara daring yang secara tak langsung menghadirkan dukungan krusial terhadap para galeri seni di masa-masa sulit tersebut.

Setelah perkembangan yang cukup progresif di Jakarta, ArtMoments melebarkan sayapnya ke Bali, destinasi utama turis di Indonesia

ArtMoments Bali akan dibuka pada 23 Juni untuk tamu VIP dan para undangan dari pukul 13.00 hingga 21.00 WITA. Kemudian, pada 24 dan 25 Juni 2023, ajang bursa seni ini dibuka secara gratis untuk publik dan pecinta seni dari pukul 13.00 hingga 21.00 WITA.

Di episode pertamanya di Bali, ArtMoments mengusung konsep hotel room art fair dan akan diadakan di InterContinental Bali Resort, Jimbaran yang juga merupakan salah satu tempat berlangsungnya acara KTT G20 tahun lalu.

“Kami sangat senang akhirnya bisa membawa ArtMoments ke Bali. Bali selama ini telah dikenal secara internasional sebagai destinasi seni dan budaya dan merupakan lokasi yang tepat untuk merayakan pencapaian sejarah baru dari ArtMoments. Kami harap acara ini dapat memperkenalkan Bali tak hanya sebagai destinasi liburan, namun juga sebagai destinasi seni,” ujar Sendy Widjaja, Pendiri dan Direktur ArtMoments Jakarta.

Sendy menambahkan, bersama dengan Bank Central Asia (BCA), mereka berharap ArtMoments Bali bisa menjadi platform bagi para kolektor untuk mengakuisisi beragam karya seni. “Saya sangat berterima kasih atas dukungan yang terus diberikan oleh BCA terhadap ArtMoments dengan menyediakan berbagai promo spesial yang dibuat secara khusus untuk kami.” ArtMoments telah bekerja sama dengan Bank Central Asia (BCA) sejak 2021 untuk menghadirkan proses pembelian karya seni yang lancar selama acara berlangsung. Seperti di ajang ArtMoments Jakarta, para pencinta dan kolektor seni yang hadir di ArtMoments Bali di InterContinental Bali Resort dapat memanfaatkan tawaran Cicilan BCA 0% hingga 24 bulan untuk belanja karya seni menggunakan kartu kredit BCA.

Di bawah arahan artistik Rizki Zaelani, ArtMoments Bali akan mengusung tema “Infinite Boundaries.” Tema ini akan menyoroti sifat seni rupa kontemporer yang terus berkembang, yang mencerminkan perubahan kehidupan dan dinamika masyarakat di era sekarang. Seniman yang berpartisipasi dalam bursa seni ini akan menerima tantangan untuk menciptakan karya seni yang menggambarkan tentang kompleksitas dan kejayaan kehidupan modern. Salah satu workshop interaktif dan unik yang akan dihadirkan di ArtMoments Bali adalah “Plasticology” besutan seniman I Made Bayak.

Ajang bursa seni akan diselenggarakan di InterContinental Bali Resort termasuk fasilitas Jimbaran Convention Centre. ArtMoments Bali akan menampilkan galeri-galeri seni dari Asia Tenggara dan dunia. Koleksi-koleksi yang ditampilkan oleh para seniman dan galeri seni selama ArtMoments Bali akan difokuskan kepada perkembangan nilai kreasi, yang biasanya menyoroti topik beragam, misalnya isu program lingkungan berkelanjutan yang dihadapi dunia, penghormatan terhadap nilai dan keberadaan ekosistem hidup, interpretasi pengalaman siklus hidup (daur ulang), dan isu ancaman terhadap kehidupan. Selain itu, ArtMoments Bali juga akan mendorong galeri-galeri seni yang terlibat untuk mengeksplorasi beragam isu terkait penciptaan karya seni sustainable yang bersifat tanpa batas, seperti layaknya kehidupan manusia, teknologi, dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Untuk acara perdana ini, ArtMoments Bali akan memberikan pengalaman menikmati seni secara unik kepada para pencinta seni di Pulau Dewata dengan mengubah 14 kamar tamu di InterContinental Bali Resort menjadi ruang seni bagi para seniman dan galeri seni lokal dan internasional untuk menghadirkan pengalaman menikmati seni yang tak terlupakan. Selain itu, para pengunjung ArtMoments Bali juga bisa mengikuti beragam program seni persembahan para sponsor serta acara bincang-bincang seni dengan topik menarik yang akan dilangsungkan di ruang-ruang pertemuan di Mezzanine Level di Jimbaran Convention Centre.

“Kami sangat bangga menjadi tuan rumah untuk ArtMoments 2023 di Bali, sebuah acara bursa seni tahunan prestisius yang telah mengantongi reputasi budaya yang signifikan di Jakarta. Di InterContinental Bali Resort, kami berdedikasi untuk menghadirkan pengalaman imersif dan berkesan bagi para tamu. Dan kami percaya bahwa ArtMoments Bali sejalan dengan misi kami untuk merayakan kekayaan dan keberagaman seni dan budaya Indonesia. Dengan senang hati kami akan menyambut kedatangan para pecinta seni dan kolektor dari seluruh dunia ke Pulau Dewata yang indah,” tutur Christoph Pouls, Resort Manager InterContinental Bali Resort.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *