15 Juni 2024

Marketplus.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong para pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan agar terus berinovasi, dan berkarya serta membangun jejaring dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang merupakan lokasi ketujuhbelas dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2023.

Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor Kuliner. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf.

Kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif menjadi kunci dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini.

Kegiatan Workshop KaTa Kreatif Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dilaksanakan pada di Aula Rumah Bupati Pangkajene dan Kepulauan, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan.

Adapun peserta yang hadir mengikuti kegiatan Workshop KaTa Kreatif ini adalah para pelaku ekonomi kreatif yang berdomisili di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dengan jumlah peserta sebanyak 200 (dua ratus) orang.

Kemenparekraf/Baparekraf berupaya mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dengan bentuk aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha  UMKM dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga memiliki nilai tambah dan memberikan penguatan branding dari produk-produknya.

Salah satunya bentuk aktivasinya adalah penyelenggaraan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia ini. Selain dari pada itu, Kemenparekraf/ Baparekraf juga terus memberikan penguatan terhadap ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dengan komitmen untuk mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya agar dapat mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat.

Kegiatan workshop ini dihadiri langsung oleh Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Hariyanto dan turut hadir mendampingi Bupati Pangkajene dan Kepulauan H. Muhammad Yusran Lalogaou.

Selain itu, kegiatan workshop diisi oleh narasumber seorang praktisi branding yaitu Akbar Moujahid untuk berbagi pengalaman dan memberi materi tentang promosi produk kreatif di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Dengan terlaksananya Workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan ini diharapkan para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat berdaya saing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sekitarnya, serta dapat meningkatkan sinergisitas antar pemangku kepentingan dalam rangka penguatan jejaring diantara para pelaku ekonomi kreatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *