25 Juni 2024

Marketplus.id – Jenius dari PT Bank BTPN Tbk terus berkomitmen menghadirkan layanan finansial yang lengkap dan relevan bagi masyarakat digital savvy melalui proses kokreasi dan kolaborasi di usianya yang genap tujuh tahun pada 11 Agustus 2023.

“Jenius berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan oleh masyarakat digital savvy. Kami terus bertumbuh bersama masyarakat digital savvy dalam perjalanan tujuh tahun penuh makna ini,” jelas Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN.

Fitur-fitur yang Jenius hadirkan melalui proses kokreasi semakin lengkap untuk membantu teman Jenius mulai dari menabung, bertransaksi di dalam dan luar negeri, mengelola cash flow, hingga berinvestasi dengan lebih simpel langsung dari aplikasi, kata Irwan.

“Selain itu, dari sisi bisnis, Jenius juga terus tumbuh dan menjangkau lebih banyak segmen dari retail hingga korporasi,” tambah Irwan.

Hingga akhir Juni 2023, Jenius menunjukkan tren pertumbuhan yang kuat dengan mencatatkan pertumbuhan pengguna (registered user) sebesar 19% secara tahun ke tahun menjadi 4,8 juta. Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dikelola Jenius meningkat 43% secara tahun ke tahun menjadi Rp24,7 triliun, dan total produk pinjaman mencapai Rp1,3 triliun, tumbuh 119% secara tahun ke tahun.

Pada usia tujuh tahun ini, Jenius terus berinovasi melalui proses kokreasi dengan masyarakat digital savvy.

Jenius telah meluncurkan dan melakukan pengembangan sederet fitur sepanjang paruh tahun pertama 2023 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat digital savvy yang juga semakin berkembang. Fitur-fitur tersebut antara lain, akses scan QRIS dari aplikasi Jenius yang lebih mudah, top up dan kelola mandiri e-money dari e-Wallet Center, penukaran Yay Points, perpanjangan jam operasional aktivasi dan tukar mata asing di Jenius, Jenius Paylater, dan program #FlexiRasaMaxi 2.

Inovasi fitur di atas merupakan hasil dari proses kokreasi dan kolaborasi yang Jenius terus lakukan sejak awal berdiri. Sebanyak 44.000 kokreator (anggota komunitas Jenius Co.Create) telah tergabung di Jenius Co.Create untuk menyampaikan suara dan masukannya ke Jenius untuk pengembangan solusi life finance. Proses kokreasi ini juga telah Jenius lakukan melalui lebih dari 1.024 survei daring, diskusi kelompok terpumpun (DKT), wawancara mendalam yang melibatkan lebih dari 116.212 anggota masyarakat digital savvy sebagai responden, dengan rata-rata sebanyak 17 kegiatan wawancara yang dilakukan setiap bulannya.

Pada momen perayaan ulang tahun yang ketujuh ini, Jenius melakukan sebuah survei bertajuk Jenius Study: Kebiasaan Finansial Digital Savvy 2023, serta menghadirkan program 7 hari 7 malam #jadilebihjenius dengan beragam penawaran spesial yang dapat dinikmati teman Jenius.

Dalam perjalanan tujuh tahun ini, Jenius juga bertumbuh bersama teman Jenius dalam membantu mereka mewujudkan kehidupan dan kebiasaan keuangan yang lebih baik mulai dari menabung, mengatur cash flow, serta bertransaksi. Hal ini terlihat dari hasil survei bertajuk Jenius Study: Kebiasaan Finansial Digital Savvy 2023 yang dilangsungkan pada Agustus 2023 dengan melibatkan 156 responden berusia 17-41 tahun.

Menurut survei tersebut, 96% teman Jenius rutin menabung, meningkat dari 70% pada tahun sebelumnya. Sebanyak 73% dari semua teman Jenius yang sudah rutin menabung ini ternyata mengalokasikan dana untuk menabung lebih dari yang disarankan oleh perencana keuangan (10%-20% dari pendapatan).

Teman Jenius dapat menabung dengan lebih mudah dan disiplin untuk memenuhi kebutuhan dan impian mereka dengan menggunakan fitur Jenius, yaitu Save It (Flexi Saver, Dream Saver, & Maxi Saver).

Menurut Jenius Study yang sama, 83% teman Jenius sudah menyadari pentingnya mencatat cash flow, naik dari 73% pada tahun sebelumnya.

Salah satu cara yang membantu teman Jenius mengatur cash flow adalah dengan melakukan cicilan (93%). Pada tahun 2023, 55% teman Jenius sudah menggunakan Flexi Cash untuk membantu mengatur cash flow, antara lain untuk modal bisnis, renovasi rumah, beli barang impian, dan lainnya.

Teman Jenius dapat mengelola cash flow dengan lebih baik dan mudah dengan menggunakan fitur-fitur Jenius, seperti Moneytory, Flexi Cash, Paylater, Kartu Kredit Jenius Visa, Split Pay dan Cicilan Jenius Pay.

Fitur-fitur pada aplikasi Jenius juga membantu teman Jenius untuk bertransaksi dengan lebih simpel baik di dalam dan luar negeri. Jenius Study juga mengungkapkan bahwa Kartu Debit Jenius Visa (m-Card) telah menemani dan mempermudah teman Jenius untuk bertransaksi selama bepergian ke 188 negara di berbagai benua, antara lain Asia, Australia, Eropa, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap teman Jenius, pada momen perayaan ulang tahun yang ketujuh kali ini, Jenius menghadirkan program 7 hari 7 malam #jadilebihjenius lewat beragam penawaran spesial ulang tahun. Penawaran spesial ini telah berlangsung selama 7 hari penuh mulai 11  hingga 17 Agustus yang terdiri dari 7 penawaran spesial di tempat makan dan minum pilihan, 7 penawaran spesial di merchant pilihan, 7 penawaran spesial dari fitur pilihan Jenius.

Teman Jenius dengan cepat menghabiskan sejumlah promo pada hari pertama peluncuran program 7 hari 7 malam #jadilebihjenius, dan Jenius mencatat peningkatan transaksi selama periode promo. Berdasarkan hal ini, Jenius akan kembali menghadirkan program 7 hari 7 malam #jadilebihjenius dengan beragam penawaran spesial pada bulan September mendatang.

“Dukungan teman Jenius selama tujuh tahun ini telah mendorong pertumbuhan, serta menjadi semangat bagi Jenius untuk menghadirkan inovasi solusi life finance yang semakin lengkap dan terintegrasi dengan ekosistem digital. Kami sangat antusias menyambut tahun-tahun yang akan datang, dan kami berharap untuk terus bertumbuh bersama teman Jenius dalam mewujudkan kehidupan dan keuangan yang lebih baik,” tutup Irwan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *