14 Juli 2024

Kanan-Kiri: Rivaldi Madyatama (ESG Officer), Nguyen Anh Phong (Guest of Honour, Mr Nguyen Anh Phong, Deputy-Director-General of Institute of Policy and Strategy for Agriculture and Rural Development (IPSARD) , Fanny Arviani Roseno (Circular Economy& Partnership Officer), Nicko Setyabudi (Circular Economy & Partnership Manager)

Marketplus.id – Perusahaan petrokimia terintegrasi, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meraih 4 penghargaan Global CSR & ESG Awards 2023™yang diselenggarakan oleh The Pinnacle Group International dan diserahkan secara langsung di Da Nang, Vietnam pada Selasa (29/08).

Global CSR & ESG Summit and Awards 2023™ merupakan program penghargaan untuk CSR dan ESG paling bergengsi di tingkat Asia yang telah diselenggarakan selama 15 tahun. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan atas produk, layanan, program yang luar biasa, inovatif, dan berkelas dunia yang telah atau sedang dilaksanakan, serta harus menunjukkan kepemimpinan, ketulusan, dan komitmen berkelanjutan dalam menerapkan nilai-nilai etika, kepatuhan terhadap hukum, dan rasa hormat terhadap individu, komunitas, dan lingkungan dalam cara bisnis.

Keempat penghargaan tersebut antara lain Best CEO – Kategori Platinum; atas kepemimpinan Erwin Ciputra selaku Presiden Direktur Chandra Asri, dan Best Community Programme Award – Kategori Gold; atas program Chandra Asri End-to-End Plastic Waste Management melalui pemberdayaan masyarakat dengan mengembangkan IPST ASARI.

Selain itu, Chandra Asri juga dinobatkan  sebagai Best Environmental Excellence Award – Kategori Gold; atas proyek Lembur Mangrove Patikang Edu-Ecotourism sebagai upaya mengembangkan masyarakat pesisir melalui pengelolaan mangrove yang berkelanjutan, dan CSR & ESG Leadership Award – Kategori Gold; atas kerangka ESG yang dikembangkan khusus bagi Chandra Asri, yakni R.E.S.P.O.N.S.I.B.L.E.

Menurut Edi Rivai, Direktur Legal, External Affairs & Circular Economy Chandra Asri, pihaknya senantiasa berkomitmen menjalankan bisnis dengan menekankan pada prinsip keberlanjutan dan aspek-aspek ESG yang mendorong Chandra Asri terus mengembangkan program sosial dan lingkungan agar pemangku kepentingan mendapatkan manfaatnya.

“Kami berterima kasih atas apresiasi berskala internasional yang diberikan kepada Chandra Asri, yang akan terus memberikan motivasi untuk dapat terus menciptakan dampak positif bagi Indonesia.” Ujar Edi Rivai.

Ia juga menuturkan, komitmen Chandra Asri untuk menjalankan bisnis secara sinergis dan berkelanjutan melalui terciptanya operasional yang hamonis dengan lingkungan dan masyarakat sekitar berbuah manis. Komitmen inilah yang ditularkan oleh Erwin Ciputra selaku Presiden Direktur ke seluruh kebijakan Perusahaan yang membuatnya dinobatkan sebagai Best CEO.

Konsep end-to-end plastic waste management yang difasilitasi Chandra Asri merupakan aktivitas pemilahan sampah sesuai jenisnya dan  pengumpulan sampah yang diolah menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Inisiatif pengelolaan sampah yang berbasis masyarakat ini terdiri atas fasilitas IPST ASARI di Cilegon yang diintegrasikan dengan Program SAGARA, yakni pemberdayaan nelayan di sekitar wilayah Desa Anyar, Kab. Serang.

Program Industri Pengelolaan Sampah Terpadu-Atasi Sampah, Kelola Mandiri (IPST ASARI) merupakan kolaborasi Chandra Asri dengan KSM Sehati Maju Bersama untuk mengolah sampah plastik low-value menjadi bahan bakar dengan merek PLUSRI (Plastic Fuel from Asari), yang setara dengan minyak tanah, bensin, dan solar.

Fasilitas ini dapat menampung hingga 8.000 kg sampah plastik perbulan dan mengolahnya dalam mesin pirolisis dengan kapasitas 100kg/batch. Adapun bahan baku yang dipasok ke IPST ASARI berasal dari sampah rumah tangga warga sekitar, sampah perkantoran dari Pabrik Chandra Asri, dan juga sampah plastik yang terkumpul dari program SAGARA. Hasil bahan bakar dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat sehari-hari dan membantu UMKM dan Nelayan di Kota Cilegon.

SAGARA yang juga berarti laut dalam Bahasa Sansekerta, adalah sebuah program kolaborasi yang fokus pada pemilahan dan pengumpulan sampah dari sumber. Chandra Asri menggandeng masyarakat dan Nelayan di pesisir pantai Anyer, Kabupaten Serang untuk memilah sampah rumah tangga dan juga mengangkut sampah plastik yang mereka temukan saat melaut. Pada September 2021 – Juni 2022, program SAGARA berhasil mendaur ulang 10 ton sampah dengan 3,7 ton di antaranya adalah sampah plastik sehingga sampah tersebut tidak terbuang ke TPA maupun bocor ke laut.

Kawasan Edu-Ecotourism Lembur Mangrove Patikang merupakan salah satu inisiatif Chandra Asri untuk memperbaiki pesisir dengan meningkatkan kualitas lingkungan dan mengurangi jejak karbon sekaligus memberdayakan masyarakat. Kawasan mangrove ini terletak di Desa Patikang, Kecamatan Panimbang, Banten dan merupakan kawasan yang sering banjir rob yang disebabkan oleh berkurangnya jumlah mangrove di wilayah pesisir Patikang akibat perubahan tata guna lahan.

Sebagai bentuk upaya melakukan mitigasi risiko dan memanfaatkan peluang, pada tahun 2022 Chandra Asri merumuskan sebuah kerangka kerja ESG (Environment, Social, and Governance)  R.E.S.P.O.N.S.I.B.L.E. sebagai acuan dalam menjalankan bisnis yang harmonis dengan lingkungan dan masyarakat.

Adapun R.E.S.P.O.N.S.I.B.L.E. terdiri dari: R = Resource Circularity and Environment Management; E= Energy Transition and Low Carbon Solution; S = Social and Community Engagement; P = Product and Chemical Stewardship; O= OHS and Human Rights; N = Nuture of Human Capital; S = Sustainable Supply Chain; I = IT and Security Management; B= Business Risk Management; L= Liability on Corporate Governance; E = ESG Communications and Stakeholder Engagement.

Chandra Asri sebagai mitra pertumbuhan (growth partner) senantiasa berkomitmen untuk menjalankan bisnis dengan sejalan dengan prinsip Circular Economy dan ESG dengan pilar R.E.S.P.O.N.S.I.B.L.E. Salah satu hal yang menjadi fokus perusahaan ialah mengatasi permasalahan sampah plastik dengan memberikan nilai tambah (added value) pada produk dan memberi manfaat bagi masyarakat yang terlibat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *